Kompas TV nasional peristiwa

Citilink Buka Suara Terkait Pesawat Mendarat Darurat di Bandara Ahmad Yani Semarang

Kompas.tv - 16 Mei 2022, 00:42 WIB
citilink-buka-suara-terkait-pesawat-mendarat-darurat-di-bandara-ahmad-yani-semarang
PT Citilink Indonesia buka suara terkait pendaratan darurat pesawat rute Banjarmasin-Jakarta di Bandar Udara Internasional Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah, Minggu (15/5/2022). (Sumber: Citilink)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Citilink Indonesia buka suara terkait pendaratan darurat pesawat rute Banjarmasin-Jakarta di Bandar Udara Internasional Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah, Minggu (15/5/2022).

Vice President Corporate Secretary & CSR PT Citilink Indonesia Diah Suryani Indriastuti menyebut, pesawat QG 483 yang sebelumnya telah lepas landas pukul 12.10 waktu setempat dialihkan ke Semarang dikarena alasan teknis.

Setelah dialihkan, lanjut dia, pilot pesawat memutuskan tindakan sesuai prosedur dengan melakukan pendaratan pukul 12.36 WIB demi keselamatan dan keamanan para penumpang.

Kemudian, pihak Citilink langsung melakukan langkah antisipasi dengan pengecekan dan memfungsikan pesawat lainnya sesuai prosedur yang berlaku. 

Penumpang pesawat QG 483, lanjut dia, telah diberangkatkan kembali menuju Jakarta dengan pesawat pengganti pukul 17.45 waktu setempat. 

Menurut Diah, seluruh penumpang sudah tiba di Jakarta dengan selamat pukul 18.58 WIB.

"Citilink telah melaksanakan prosedur delay management dengan memberikan kompensasi kepada penumpang berupa voucher dan serve on ground sesuai dengan ketentuan yang berlaku," kata Diah dikutip dari Antara, Senin (16/5/2022). 

Baca Juga: Pesawat Asing yang Dipaksa Mendarat oleh TNI AU Masih Ditahan di Lanud Hang Nadim Batam

Citilink, lanjut Diah, meminta maaf kepada seluruh penumpang atas peristiwa tersebut. 

"Kami Manajemen Citilink mohon maaf yang sebesar besarnya atas ketidaknyaman yang terjadi," ucap Diah.

Dia menambahkan, pihaknya senantiasa memastikan aspek keselamatan serta keamanan penerbangan
menjadi prioritas utama Citilink. 

Sebelumnya, General Manager AirNav Indonesia Cabang Semarang Mi'wan Muhammad Bunay mengungkapkan, pesawat Airbus A320 itu mendarat darurat di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani karena mengalami kerusakan salah satu mesinnya.

"Salah satu mesinnya mengalami kerusakan sehingga harus mendarat darurat di Bandara Internasional Jenderal A Yani Semarang, pendaratan berjalan aman dan baik," kata Mi'wan, Minggu. 

Sementara itu, Stakeholder Relation Manager Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang Heri Trisno Wibowo menambahkan, seluruh penumpang pesawat Citilink yang mendarat darurat dalam kondisi selamat.

"Sebanyak 146 orang penumpang Citilink selamat," ujarnya.

Baca Juga: Tunda 8 Penerbangan Hingga Satu Jam, Pihak Citilink Nyatakan Informasi Mogok Kerja Tidak Benar



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.