Kompas TV olahraga kompas sport

SEA Games 2021: Indonesia Kembali Tambah Medali Emas Lewat Downhill Putri

Kompas.tv - 15 Mei 2022, 19:07 WIB
sea-games-2021-indonesia-kembali-tambah-medali-emas-lewat-downhill-putri
Tiara Andini Prastika mempersembahkan medali emas untuk Indonesia pada cabang olahraga balap sepeda MTB-Donwhill putri di Hoa Binh Gymanstics and Sportes Center, Vietnam, pada Minggu (15/5/2022). (Sumber: NOC Indonesia)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Indonesia kembali menambah raihan medali emas di SEA Games 2021 pada Minggu (15/4/2022) sore WIB.

Torehan medali emas itu datang dari cabang olahraga balap sepeda MTB-Downhill putri setelah Tiara Andini Prastika menjadi juara di trek basah yang mengguyur kawasan Hoa Binh, Vietnam.

Tiara menghabiskan lintasan 2,01 kilometer dengan catatan waktu terbaik 3 menit 31,531 detik dan kecepatan rata-rata mencapai 34,21 km/jam.

Ia unggul dari wakil Thailand, Vipavee Deekaballes, yang mencatatkan waktu 3 menit 42,337 detik.

Setelahnya ada pembalap Filipina, Naomi Gardoce, yang membawa pulang perunggu setelah finis dalam waktu 3 menit 44,722 detik.

Kemenangan Tiara ini merupakan perbaikan dari prestasi sebelumnya pada SEA Games Filipina 2019 saat ia meraih medali perak.

Baca Juga: Klasemen Medali SEA Games 2021: Vietnam Masih di Puncak, Indonesia Kedua, Malaysia Ketiga

"Rasanya bahagia dan bangga karena target medali emas tercapai," tutur Tiara seperti dikutip dari Antara.

"Ini memang penantian yang cukup panjang tetapi sejak persiapan setahun terakhir saya yakin mampu."

"Saya sempat slip sedikit pada awal start karena agak gerimis. Beruntung saya bisa kontrol. Treknya sendiri punya lintasan sempit tetapi saya mampu melewatinya dan akhirnya tampil tercepat."

Sementara Andy Prayoga juga menyumbang medali perak di cabang olahraga downhill putra. Ia mencatatkan waktu 3 menit 09,356 detik, hanya terpaut 3,329 detik dari atlet Thailand, Methasit Boonsane, yang membawa pulang medali emas.

Baca Juga: Klasemen Medali SEA Games 2021: Indonesia Peringkat Kedua Ungguli Thailand dan Malaysia



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x