Kompas TV video vod

Potret Satelit Pulau Ular yang Diincar Rusia dari Ukraina

Kompas.tv - 15 Mei 2022, 12:00 WIB
Penulis : Yuilyana

JAKARTA, KOMPAS.TV – Melalui Maxar Technologies merekam potret satelit Pulau Ular di Ukraina yang dirilis pada hari Jumat(13/5/2022).

Narasi dari APTN menuliskan bahwa gambar satelit tersebut menunjukkan sekelompok kapal Rusia yang tenggelam dari sebuah pulau di Laut Hitam.

Pejabat Ukraina mengatakan pasukan mereka telah menghancurkan kapal Rusia lainnya, meskipun tidak ada konfirmasi dari Rusia dan tidak ada korban yang dilaporkan.

Gambar yang dikumpulkan oleh satelit dari Maxar Technologies menunjukkan tongkang, kapal pendarat kelas serna dan kapal serna yang tenggelam di lepas pantai pulau.

Baca Juga: Hancur! Ukraina Klaim Tenggelamkan 2 Kapal Patroli Rusia di Dekat Pulau Ular

Gambar Maxar lebih lanjut dari Pulau Ular menunjukkan bangunan yang hancur, kemungkinan kendaraan pertahanan udara Pantsir dan helikopter yang hancur.

Namun Militer Rusia mengatakan pada hari Selasa (10/5/2022) bahwa mayat tiga orang Ukraina telah terdampar di pulau ular, sehingga jumlah total orang yang tewas di pulau itu menjadi 27.

“Hari ini prajurit Rusia menemukan tiga mayat lagi penyabot Ukraina yang terdampar dari laut di pantai (Pulau Ular). Saat ini, sebagai akibat dari kegagalan operasi Kyiv, 27 mayat prajurit pasukan khusus dan nasionalis Ukraina tetap berada di Pulau Ular. Secara total, dalam upaya untuk merebut pulau itu, yang tidak berarti dari sudut pandang militer, rezim Kyiv kehilangan tiga pembom Su-24 dan satu pesawat tempur Su-27 di daerah Pulau Ular.”kata Juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia Mayjen Igor Konashenkov, pada Selasa (10/5/2022). 

Video Editor: Vila Randita
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x