Kompas TV entertainment film

Cerita Asli KKN Desa Penari Versi Widya dan Nur oleh SimpleMan, Bikin Merinding

Kompas.tv - 15 Mei 2022, 08:07 WIB
cerita-asli-kkn-desa-penari-versi-widya-dan-nur-oleh-simpleman-bikin-merinding
Ilustrasi. Berikut cerita asli KKN di Desa Penari versi Widya dan Nur yang ditulis oleh SimpleMan di Twitter (Sumber: Instagram/kknmovie)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Film 'KKN di Desa Penari' tengah booming dan menarik antusias masyarakat untuk menontonnya di bioskop. Namun, siapa yang kira bahwa film ini diilhami dari kisah nyata.

Cerita asli 'KKN di Desa Penari' pertama kali ditulis oleh akun SimpleMan @SimpleM81378523 pada tahun 2019 lalu.

SimpleMan kerap menulis utas berisi cerita horor dengan lokasi di Indonesia yang sebagian besar diklaim sebagai kisah nyata.

Selain cerita 'KKN di Desa Penari', beberapa tulisan SimpleMan lainnya yang viral adalah 'Sewu Dino' dan 'Si Anak'.

Pada dasarnya 'KKN di Desa Penari' menceritakan tentang kisah sekelompok mahasiswa yang sedang melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di sebuah desa terpencil di Banyuwangi, Jawa Timur.

Cerita horor tersebut begitu digemari dan menjadi viral bahkan sempat dibukukan. Ketika akhirnya adaptasi film 'KKN di Desa Penari' tayang di layar lebar pada 30 April lalu, antusiasme masyarakat Indonesia begitu luar biasa.

Baca Juga: Heboh Foto Lelaki di Banyuwangi Disebut Sosok Bima KKN di Desa Penari, Ini Responsnya

Hanya dalam waktu kurang lebih 15 hari penayangan, jumlah penonton film yang diproduksi MD Pictures mencapai 5 juta orang.

Cerita Asli KKN di Desa Penari versi Widya

Saat mengawali cerita, SimpleMan sempat mengatakan tidak diberi izin oleh salah satu narasumber KKN untuk mem-publish cerita tersebut.

"Sebelumnya, penulis tidak mendapat ijin untuk memposting cerita ini dari yang empunya cerita, karena beliau memiliki ketakutan sendiri pada beberapa hal, yang meliputi kampus, dan desa tempat KKN di adakan," tulis SimpleMan kala itu.

Namun, karena banyaknya pelajaran yang bisa didapat dari kisah tersebut, akhirnya kisah 'KKN di Desa Penari' tetap dituliskan.

Konon, ada dua versi cerita 'KKN di Desa Penari' yakni dari sudut pandang tokoh Widya dan versi Nur.

Cerita versi Widya dituliskan terlebih dahulu. Widya merupakan mahasiswa angkatan 2005/2006 yang melaksanakan KKN pada 2009. 

Widya sempat kesulitan mencari lokasi untuk KKN. Beruntung temannya, Ayu menemukan lokasi yang cocok yakni di kota B, kabupaten K.

Saat mengetahui anaknya akan KKN di kota B, ibu Widya sempat memiliki perasaan tak enak dan memperingatkan putrinya. Namun, Widya berhasil meyakinkannya.

Baca Juga: Sandiaga Uno Puji Rekor "KKN di Desa Penari" Jadi Film Horor Terlaris di Indonesia



Sumber : Kompas TV/Berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x