Kompas TV internasional kompas dunia

10 Orang Tewas pada Penembakan Massal di Buffalo New York

Kompas.tv - 15 Mei 2022, 06:16 WIB
10-orang-tewas-pada-penembakan-massal-di-buffalo-new-york
Berkumpul di bawah payung saat hujan turun setelah penembakan di sebuah supermarket pada Sabtu, 14 Mei 2022, di Buffalo, New York. Petugas mengatakan pria bersenjata itu memasuki supermarket dengan senapan dan melepaskan tembakan. (Sumber: AP Photo/Joshua Bessex)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

BUFFALO, KOMPAS.TV — Seorang laki-laki muda berkulit putih dan bersenjata melepaskan tembakan dengan senapan serbu di sebuah supermarket di Buffalo, New York, Amerika Serikat (AS), Sabtu (14/5/2022) dan menewaskan 10 orang serta melukai tiga lainnya.

Seperti dalam laporan The Associated Press, Minggu (15/5), pihak berwenang menyebut insiden itu sebagai kejahatan kebencian dan ekstremisme kekerasan bermotif rasial.

Dua pejabat penegak hukum setempat mengatakan, tersangka diidentifikasi bernama Payton Gendron dari Conklin yang akhirnya berhasil ditangkap, sekitar 200 mil tenggara Buffalo di negara bagian New York, AS.

Petugas di lokasi penembakan tersebut mengatakan 11 korban berkulit hitam dan dua berkulit putih.

Penembakan itu terjadi di lingkungan yang didominasi warga kulit hitam, berjarak hanya beberapa kilometer di utara pusat kota Buffalo.

Tersangka diinterogasi pada Sabtu malam oleh FBI, kata salah satu pejabat di lapangan.

"Penyelidik meyakini pelaku penembakan massal itu menyiarkan secara langsung tindakannya melalui kamera yang ditempelkan di helmnya," kata salah satu pejabat.

Baca Juga: AS Diguncang Tiga Penembakan Massal Selama Libur Akhir Pekan Paskah

Polisi berjaga di lokasi penembakan di Buffalo, New York. Seorang laki-laki muda berkulit putih dan bersenjata melepaskan tembakan dengan senapan serbu hari Sabtu, (14/5/2022) di sebuah supermarket di Buffalo, New York, Amerika Serikat dalam apa yang disebut pihak berwenang sebagai kejahatan kebencian dan ekstremisme kekerasan bermotif rasial, menewaskan 10 orang. (Sumber: AP Photo/Joshua Bessex)

Dalam video menunjukkan pria bersenjata itu, mengenakan perlengkapan militer, pergi ke depan toko dengan senapan di kursi depan mobil dan kemudian mengarahkan senapan ke warga yang berada di tempat parkir ketika dia keluar dari kendaraan dan melepaskan tembakan.

Rekaman itu juga menunjukkan tersangka berjalan ke supermarket dan menembak beberapa korban lain di dalamnya, kata petugas tersebut.

Salah satu korban adalah seorang perwira polisi yang baru saja pensiun dan pada saat penembakan bekerja sebagai penjaga keamanan di toko.

Salah seorang polisi memperingatkan penyelidikan itu dalam tahap awal dan pihak berwenang saat ini menyelidik kasus tersebut atas dugaan motif rasial dan kejahatan kebencian atau hate crime.

Supermarket lokasi penembakan berada di lingkungan yang didominasi warga kulit hitam, sekitar 5 kilometer di utara pusat kota Buffalo.

Daerah sekitarnya sebagian besar adalah perumahan, dengan toko Family Dollar dan stasiun pemadam kebakaran di dekat toko.

Polisi Buffalo mengkonfirmasi penembak itu ditahan dalam sebuah tweet, tetapi tidak mengidentifikasi tersangka.

Saksi mata melaporkan pria bersenjata itu mengenakan pakaian gaya militer dan mengenakan rompi anti peluru, kata salah satu pejabat.

Baca Juga: Polisi Sebut Penembakan Massal di Sacramento AS Libatkan Geng, Pengamat Justru Pertanyakan

Seorang laki-laki muda berkulit putih dan bersenjata melepaskan tembakan dengan senapan serbu hari Sabtu, (14/5/2022) di sebuah supermarket di Buffalo, New York, Amerika Serikat dalam apa yang disebut pihak berwenang sebagai kejahatan kebencian dan ekstremisme kekerasan bermotif rasial, menewaskan 10 orang. (Sumber: AP Photo/Joshua Bessex)

Berdiri dengan pistol di dagu

Braedyn Kephart dan Shane Hill, keduanya berusia 20 tahun, berhenti di tempat parkir tepat saat si penembak keluar.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x