Kompas TV nasional politik

Temui Presiden Vietnam, Menhan Prabowo Bawa Misi dari Presiden Jokowi

Kompas.tv - 15 Mei 2022, 04:05 WIB
temui-presiden-vietnam-menhan-prabowo-bawa-misi-dari-presiden-jokowi
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto bertemu YM Nguy n Xuân Phúc di Kantor Presiden Vietnam, Hanoi, Jumat (13/5/2022). (Sumber: Kemhan RI)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS. TV – Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto melakukan kunjungan ke Vietnam, Jumat (13/5/2022). Prabowo menemui sejumlah tokoh Vietnam, mulai dari Menteri Pertahanan Phan Van Giang hingga Presiden Vietnam Nguyen Xuan Phuc.

Menurut Juru Bicara Menhan Dahnil Anzar Simanjuntak, kunjungan Prabowo ke Vietnam untuk membicarakan soal kerja sama pertahanan Indonesia dan Vietnam.

Apalagi, kata Dahnil, Indonesia dan Vietnam memiliki karakter yang mirip menyangkut konsep pertahanan.

Menurut Dahnil, kedua negara sama-sama mengedepankan harmonisasi anatara kekuatan militer dan kekuatan rakyat.  

Baca Juga: Bahas Alutsista, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto Bertemu Presiden Vietnam Nguyen Xuan Phuc!

“Indonesia dan Vietnam selama ini memiliki kemiripan pertahanan, yakni pertahanan yang mengharmonisasikan kekuatan militer dengan kekuatan rakyat,” ujar Dahnil dalam video yang diterima Kompas TV, Sabtu (14/5/2022).

Dia menegaskan kemiripan ini memiliki konsekuensi luar biasa terhadap harmonisasi dan perdamaian di ASEAN.

Dia mengatakan menjaga harmonisasi dan perdamaian itu merupakan komitmen Presiden Joko Widodo yang disampaikan Menhan Prabowo kepada Presiden Nguyen Xuan Phuc.

Baca Juga: Temui Presiden Vietnam, Prabowo Sebut Ada Potensi Kerja Sama Industri Pertahanan Indonesia-Vietnam

“Menjaga harmonisasi dan perdamaian di kawasan dan ini juga menjadi komitmen presiden Joko Widodo yang disampaikan oleh Pak Menhan kepada Presiden Vietnam,” ujarnya.

Sebelumnya Menhan Prabowo Subianto menyampaikan Indonesia dan Vietnam memiliki potensi untuk bekerja sama dalam industri pertahanan.

Terlebih, kata Prabowo, industri pertahanan Indonesia saat ini memiliki kemampuan untuk mendukung pemenuhan alutsista dalam negeri dan juga memenuhi pesanan dari luar negeri.

Baca Juga: Bertemu Menhan Vietnam, Menhan Prabowo Disambut Upacara Militer Jajar Kehormatan

“Kerja sama industri pertahanan diharapkan tidak hanya sebatas misi jual beli, tetapi dapat menggali potensi kedua negara melakukan joint production di masa mendatang,” kata Menhan Prabowo Subianto.

Menhan Prabowo Subianto juga optimistis dengan semua upaya peningkatan hubungan kerja sama maupun persahabatan antara Indonesia dan Vietnam.

Menurutnya kerja sama kedua negara dapat terus berjalan baik, berdasarkan semangat persaudaraan serta prinsip saling menghormati.

Apalagi, Hubungan diplomatik Indonesia-Vietnam telah terjalin sejak 30 Desember 1955.

Hal ini ditandai dengan dibukanya Konsulat RI di Hanoi dan terus berkembang, baik dalam kerangka bilateral maupun ASEAN dan internasional.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.