Kompas TV religi beranda islami

Kisah Rasulullah saat Jadi Seorang Buruh, Dikenal sebagai Sosok Al Amin

Sabtu, 14 Mei 2022 | 18:46 WIB
kisah-rasulullah-saat-jadi-seorang-buruh-dikenal-sebagai-sosok-al-amin
Ilustrasi Nabi Muhammad. Beliau dalam sejarahnya juga pernah jadi seorang buruh. (Sumber: Situs Resmi NU)

Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam sejarah, Rasulullah pernah menjadi seorang buruh. Ia bekerja bersama pamannya, Abu Thalib, dan dikisahkan menjadi sosok pekerja yang amanah.

Dikisahkan oleh Martin Lings dalam Mohamed, Muhammad lahir dalam keadaan kota yang tidak bagus, kondisi sosial politik di Makkah juga kurang menentu, bahkan cenderung buruk secara ekonomi.

Meski begitu, Makkah yang memiliki Ka’bah sebagai pusat religi dan kepercayaan, tetap menjadi salah satu penggerak ekonomi. Namun, tidak semua orang bisa memilki akses untuk itu.

Untuk bisa menggerakkan ekonomi, banyak warga Makkah yang melakukan perdagangan di kota-kota sebelah, dari Madinah hingga Syam (sekarang Irak).

Salah satunya adalah keluarga Abu Thalib, dan Muhammad menjadi salah satu yang dipekerjakan di dalamnya.

Ia pun dikenal sebagai orang yang jujur dan dipercaya ketika berniaga. Hingga, warga pun mengenalnya sebagai sosok Al-Amin atau yang dipercaya.

Gelar ini didapat beliau ketika Ka’bah berserakan usai banjir dan para kabilah saling berseteru menyoal siapa yang paling berhak mengembalikan Hajar Aswad ke tempatnya semula.

Rasulullah ternyata mampu menyatukan mereka, dan gelar Al-Amin pun disematkan kepada beliau.

Baca Juga: Tiga Perang Besar Umat Islam di Bulan Syawal, Terjadi saat Nabi Masih Hidup

Belajar Bekerja sedari Kecil

Rasulullah sedari kecil juga terbiasa untuk bekerja dan menghidupi diri. Ketika Muhammad kecil diasuh oleh Halimah, beliau juga diajari dan diberi amanah menggembala kambing.

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:39
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19