Kompas TV entertainment film

Film Horor Bisa Berdampak ke Kejiwaan Anak, Ini yang Harus Dilakukan Orangtua

Sabtu, 14 Mei 2022 | 17:15 WIB
film-horor-bisa-berdampak-ke-kejiwaan-anak-ini-yang-harus-dilakukan-orangtua
Ilustrasi film horor melalui sebuah poster film berjudul KKN di Desa Penari. Punya dampak kejiwaan, orangtua harus harus mendampingi anak mereka saat menonton film horor. (Sumber: MD Pictures)

Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Film horor berjudul 'KKN di Desa Penari' yang viral di media sosial membuat segala kalangan usia penasaran dengan alur ceritanya.

Film horor memang lebih kerap menumbuhkan keingintahuan yang tinggi di hati masyarakat penikmat film.

Namun film horor yang seharusnya menjadi hiburan, ternyata bisa mempengaruhi kondisi kejiwaan seseorang, terutama pada anak dan remaja.

Dikutip dari Kompas.com, efek menonton film horor terlihat dari studi yang dilakukan Harrison dan Cantor dari University of Wisconsin kepada 150 mahasiswa di Michigan dan Wisconsin.

Hasilnya, 90 persen dari responden melaporkan reaksi ketakutan media yang mereka alami saat masa kanak-kanak atau remaja.

Baca Juga: Sandiaga Uno Puji Rekor "KKN di Desa Penari" Jadi Film Horor Terlaris di Indonesia

Dalam studi tersebut, 52 persen mengaku mengalami kesulitan tidur dan gangguan makan serta meningkatnya kecemasan, dan 26 persen turut mengatakan masih mengalami kecemasan residual hingga kini.

Sementara berdasarkan penelitian Dr. Dhyan Singh pada anak-anak di kota Dharamsala, India menemukan perilaku dan perasaan yang menonton film seram, seperti, menangis, gemetar, detak jantung meningkat, kedinginan dan perasaan melumpuhkan, berkeringat, menggigil, sesak nafas, dan takut akan kematian.

Sementara durasi mengingat adegan seram dalam film horor bervariasi mulai dari tidak lebih dari seminggu sampai tiga bulan.

Peran orangtua sangat penting dalam mengawasi anak mengakses konten horor, tak terkecuali film horor. Orangtua diminta untuk mendampingi dan mengawasi segala konten yang diakses oleh anak.

Halaman Selanjutnya

Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:17
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19