Kompas TV nasional peristiwa

Kronologi TNI AU Cegat Pesawat Asing yang Terbang dari Malaysia, Sempat Siagakan F-16

Sabtu, 14 Mei 2022 | 17:05 WIB
kronologi-tni-au-cegat-pesawat-asing-yang-terbang-dari-malaysia-sempat-siagakan-f-16
Ilustrasi Pesawat Tempur F-16. TNI AU dengan menggunakan pesawat F-16 berhasil memaksa mendarat pesawat asing dari negara Malaysia yang masuk wilayah udara Indonesia tanpa izin. (Sumber: France24 via AFP)

Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS. TV – Sebuah pesawat sipil asing yang terbang dari Kuching, Malaysia diperintahkan mendarat oleh TNI AU karena melanggar wilayah udara Indonesia.

Pihak TNI AU juga sempat menyiagakan pesawat tempur F-16 untuk mencegat pesawat tersebut.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah mengatakan peristiwa yang terjadi pada Jumat (13/5/2022), itu diawali dengan deteksi oleh Satrad 213 Tanjung Pinang terhadap sebuah pesawat yang melanggar wilayah udara Indonesia.

Dengan sigap, pelanggaran udara tersebut langsung dilaporkan ke komando di atasnya. TNI AU kemudian langsung menyiagakan pesawat F-16 di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru untuk melakukan intersepsi.

Baca Juga: 4 Pesawat Batal Mendarat di Bandara Ilaga Papua setelah KKB Lepaskan Tembakan

“Namun intersepsi tiddak jadi dilakukan dengan pertimbangan kru pesawat mentaati instruksi dan petu juk Kosek IKN yang disampaikan melalui MCC (Military Civil Coordination), Ccengkareng,” kata Kadispenau melalui siaran pers, Sabtu (14/5).

Pesawat kemudian diperintahkan untuk kembali ke Kuching, Malaysia.

Tetapi karena mempertimbangkan keterbatasan bahan bakar, maka Pangkoopsudnas MCC mengarahkan pesawat tersebut mendarat di Lanud Hang Nadim Batam.

Pada saat mendarat di Lanud Hang Nadim Batam,  Mobil VCP Lanud Hang Nadim dan mobil AMC Bandara langsung memandu pesawat  menuju apron.

Baca Juga: Pesawat Militer Rusia Langgar Wilayah Udara Swedia, Provokasi Agar Stockholm Tak Gabung NATO?

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:01
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19