Kompas TV video vod

Buntut Corona di Korut, Kim Jong Un Kini Bermasker Saat Pimpin Rapat

Kompas.tv - 14 Mei 2022, 09:50 WIB
Penulis : Prayogi Haro

KOREA UTARA,  KOMPAS.TV - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengunjungi markas krisis covid-nya di negeri tersebut. Minggu ini adalah pertama kalinya Kim Jong Un diperlihatkan mengenakan masker sejak awal pandemi.

Korea Utara (Korut) kini mengumumkan status darurat pandemi. Pemimpin tertinggi Korut, Kim Jong Un, itupun untuk pertama kalinya tampil mengenakan masker.

Baca Juga: Razia Tempat Hiburan Malam, 2 Lokasi Disegel Akibat Tak Miliki Izin Usaha Hingga Penyitaan Miras

Darurat pandemi ini diketahui diumumkan setelah dilaporkan adanya kematian pertama akibat Covid-19. Kim Jong Un tampak mengenakan masker saat memimpin rapat dengan para petinggi negara.

Direkture Dicisi Penelitian Korea Utara, Hong Min, mengatakan saat ini Korut menanggapi kasus Covid-19 dengan sangat serius. Disebutkan Korut berhadapan dengan beberapa peristiwa penting pada April lalu, sehingga tidak menutup kemungkinan telah adanya penyebaran

Korut melaporkan 6 orang yang sakit demam telah meninggal dunia. Salah satu di antaranya dinyatakan positif COVID-19 varian Omicron BA.2.

Dilansir AFP, Jumat (13/5/2022), kasus kematian itu dilaporkan oleh kantor berita resmi Korea Central News Agency (KNCA). KNCA menyebut demam yang tidak dapat diidentifikasi menyebar secara nasional mulai akhir April.

"Demam yang penyebabnya tidak dapat diidentifikasi secara eksplosif menyebar secara nasional mulai akhir April... Enam orang meninggal (salah satunya dinyatakan positif sub-varian BA.2 dari Omicron,)" katanya.

Sementara itu, Korea Utara mengatakan sebanyak 187.800 orang sedang diisolasi dan dirawat karena demam pada Jumat waktu setempat.

Video Editor : Ian



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.