Kompas TV regional berita daerah

Peringati Hari Thalassemia, RSD Idaman Banjarbaru Usung Zero Thalassemia Mayor

Kompas.tv - 14 Mei 2022, 06:45 WIB

BANJARBARU, KOMPAS.TV - Peringatan Hari Thalassemia sedunia di Rumah Sakit Daerah Idaman Banjarbaru mengusung tema zero thalassemia mayor.

Tema ini diangkat untuk menghindari adanya pernikahan antara dua orang pembawa sifat thalassemia mayor karena keturunannya hampir pasti akan mengidap thalassemia.

Baca Juga: Capaian Imunisasi Rendah, UNICEF Dukung Banjarmasin Sukseskan BIAN 2022

Thalassemia merupakan penyakit turunan, penyebab penyakit ini adalah kekurangan zat pembentuk hemoglobin, sehingga produksi hemoglobin berkurang yang menyebabkan pasien pucat dan mesarasakan pusing.

Hingga saat ini belum ada obat yang bisa menyembuhkan thalassemia secara total, pengobatan yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan transfusi darah seumur hidup.

“temanya kan zero thalassemia mayor, kita berharap tidak ada orang yang menikah dengan sesama thalassemia mayor karena nanti anaknya hampir pasti akan jadi thalassemia,” terang Plt Direktur RSD Idaman Banjarbaru, Dr. Danny Indrawardhana.

Peringatan hari thalassemia ini juga dijadikan momentum oleh Pemerintah Kota Banjarbaru melalui Rumah Sakit Idaman untuk meresmikan layanan unggulan hematologi onkologi anak sebegai bentuk kepeduliannya terhadap pasien thalassemia.

“hari ini kami ingin memperlihatkan kepedulian kita terhadap pasien thalassemia, hari ini kita berkomitmen bekerja sama mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh pasien thalassemia,” ungkap Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru, Said Abdullah.

Baca Juga: Pemkot Banjarbaru Wajibkan ASN Donor Darah Sebelum Mengambil SK, UTD Rumah Sakit Terbantu


pihaknya berharap upaya yang dilakukan oleh pemerintah kota dan rumah sakit idaman untuk menangani pasien thalassemia dapat berjalan dengan baik



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x