Kompas TV olahraga kompas sport

Jadwal Indonesia vs Myanmar: Ini Skenario Timnas Lolos Semifinal SEA Games

Sabtu, 14 Mei 2022 | 07:20 WIB
jadwal-indonesia-vs-myanmar-ini-skenario-timnas-lolos-semifinal-sea-games
Merselino Ferdinan, pemain Timnas Indonesia yang tampil saat Indonesia melibas Filipina 4-0. Kemenangan itu menjaga asa Indonesia untuk lolos ke babak semifinal. (Sumber: PSSI)

Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Hariyanto Kurniawan

SOLO, KOMPAS.TV - Jadwal Indonesia vs Myanmar dalam cabang olahraga (cabor) sepak bola SEA Games ke-31 akan dihelat pada Minggu (15/5/2022) pukul 19.00 WIB di Stadion Viet Tri, Vietnam.

Laga ini krusial bagi kedua kubu karena tim yang kalah dipastikan tersingkir dari kompetisi. Bagaimana skenario Timnas Indonesia lolos ke babak semifinal?

Berdasar hasil SEA Games terbaru cabor sepak bola, Garuda Muda unggul telak 4-0 atas Filipina pada Jumat (13/5) sore. Adapun pada hari yang sama, Myanmar kalah tipis 1-0 dari Vietnam.

Akibatnya, terjadi saling gusur di tabel klasemen Grup A yang berisi Vietnam, Indonesia, Myanmar dan Filipina serta Timor Leste.

Tuan rumah Vietnam, melenggang ke puncak klasemen dengan 7 poin, disusul Indonesia (6 poin), Myanmar (6 poin), Filipina (4 poin) dan Timor Leste (0 poin).

Apa Syarat Timnas Indonesia Lolos Ke Semifinal?

Untuk lolos ke semifinal, setiap timnas harus finis sebagai 2 tim terbaik pada tabel klasemen tiap grup.

Jika menilik perolehan poin dan sisa pertandingan fase grup, peluang ke semifinal dari Grup A tinggal milik Vietnam, Indonesia dan Myanmar.

Vietnam menyisakan duel melawan Timor Leste, digelar pada hari yang sama ketika Indonesia berhadapan dengan Myanmar.

Ada beberapa skenario agar Timnas Indonesia lolos semifinal. Berikut detailnya:

1. Jika Indonesia menang lawan Myanmar, Vietnam unggul atas Timor Leste: Vietnam lolos sebagai juara Grup A bersama Indonesia yang berstatus runner-up.

2. Jika Indonesia imbang lawan Myanmar, Vietnam unggul atas Timor Leste, Vietnam lolos sebagai juara Grup A bersama Indonesia yang berstatus runner-up. Indonesia lolos karena unggul selisih gol dari Myanmar, kendati jumlah poinnya sama.

3. Jika Indonesia menang atas Myanmar, sementara Vietnam kalah dari Timor Leste, Indonesia lolos sebagai juara Grup A, diikuti Vietnam yang berstatus runner-up.

4. Jika Indonesia imbang lawan Myanmar, Vietnam imbang kontra Timor Leste, Vietnam lolos sebagai juara Grup A, diikuti Indonesia sebagai runner-up.

5. Jika Indonesia menang lawan Myanmar, Vietnam seri kontra Timor Leste, Indonesia lolos sebagai juara Grup A bersama Vietnam yang berstatus runner-up.

6. Jika Indonesia imbang lawan Myanmar, Vietnam kalah dari Timor Leste, ketiga tim (Indonesia, Vietnam dan Myanmar) sama-sama mengoleksi 7 poin. Pada situasi seperti ini, Vietnam dan Indonesia akan lolos ke semifinal karena unggul selisih gol atas Myanmar.

Singkatnya, untuk bisa memastikan lolos ke semifinal sepak bola SEA Games 2022, Timnas Indonesia wajib minimal main imbang kontra Myanmar di laga terakhir fase grup.

 


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x