Kompas TV olahraga kompas sport

Dilarang Ikut Kompetisi UEFA, 4 Klub Rusia Ini Layangkan Gugatan ke CAS

Kompas.tv - 13 Mei 2022, 18:00 WIB
dilarang-ikut-kompetisi-uefa-4-klub-rusia-ini-layangkan-gugatan-ke-cas
Para pemain Spartak Moscow dalam pertandingan melawan Napoli pada Liga Europa di Stadion Spartak Moscow, 24 November 2021. (Sumber: AFP/NATALIA KOLESNIKOVA)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

SOCHI, KOMPAS.TV - Klub empat besar Liga Rusia 2021/22 melayangkan gugatan ke Arbitrase Olahraga Internasional (CAS) atas larangan mengikuti kompetisi UEFA. Badan sepak bola Eropa ini mendepak klub-klub asal Rusia dari kompetisinya sehubungan invasi negara itu ke Ukraina.

Pada Jumat (13/5/2022), Zenit St. Petersburg, Dynamo Moskow, PFC Sochi, dan CSKA Moskow dilaporkan telah mengirim gugatan resmi ke CAS.

Empat klub tersebut sedianya berhak lolos ke kompetisi UEFA mengingat posisi mereka di klasemen akhir liga domestik.

“Tindakan terhadap klub-klub Rusia didasarkan semata pada afiliasi nasional mereka, bertentangan dengan prinsip sportivitas dan pada dasarnya diskriminatif, yang mana sejauh ini menjadikan sepakbola tidak aksesibel pada semua orang,” tulis pernyataan PFC Sochi dikutip Associated Press.

“Kami menyampaikan harapan bahwa pengadilan CAS akan sesuai dengan nilai-nilai sportivitas sebagaimana didefinisikan UEFA dalam kerangka aktivitasnya dan spirit kompetisi sepakbola,” imbuh pernyataan tersebut.

Baca Juga: Resmi, Rusia dapat Sanksi Tambahan dari UEFA

Gugatan teranyar ini memperpanjang daftar gugatan hukum dari tim-tim dan federasi Rusia yang berasal dari berbagai olahraga.

Tim atau atlet Rusia umum didepak dari ajang-ajang olahraga internasional akibat invasi Rusia ke Ukraina. Selain sepakbola, atlet tenis, catur, hingga Formula 1.

UEFA diketahui baru saja memperbarui sanksi terhadap klub serta Timnas Rusia per 2 Mei lalu. Selain melarang klub-klub Rusia ikut kompetisi, UEFA juga melarang Timnas putri Rusia mengikuti Piala Eropa tahun ini serta kualifikasi Piala Dunia 2023.

Sebelumnya, Timnas putra Rusia telah dilarang melanjutkan kualifikasi Piala Dunia 2022 di Qatar mendatang.



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x