Kompas TV nasional politik

Surya Paloh Akan Umumkan Koalisi Partai Nasdem di Pilpres 2024

Kompas.tv - 13 Mei 2022, 16:22 WIB
surya-paloh-akan-umumkan-koalisi-partai-nasdem-di-pilpres-2024
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh (Sumber: Tangkapan layar Youtube Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Ketua Umum Partai Nasdem Ahmad Ali mengatakan, Ketua Umum Surya Paloh aka mengumumkan koalisi Partai Nasdem di Pilpres 2024 sebelum Rapat Kerja Nasional (Rakernas) berlangsung. 

Diketahui, dalam agenda Rakernas nanti Partai Nasdem akan memberikan rekomendasi nama calon presiden (capres) kepada Ketua Umum Surya Paloh yang akan diusung pada gelaran pesta demokrasi lima tahunan nanti. 

"Ketua umum bisa mengumumkan koalisi yang dibentuk oleh Nasdem. Kita berharap sebelum pengumuman nama yang diusulkan oleh rakernas itu kalau kemudian diawali dengan pengumuman koalisi," kata Ahmad Ali kepada Kompas TV, Jumat (13/5/2022). 

Baca Juga: Jika Golkar, PAN, PPP Berkoalisi hingga 2024, Pengamat Sebut Airlangga Bakal Jadi Capresnya

Meski begitu, pengumuman koalisi partai itu belum bisa dipastikan waktunya. Sebab, ini masih hanya sebatas wacana yang digaungkan oleh dirinya. 

"Tapi ini harapan saya sebagai waketum. Pengumuman rekomendasi yang ditetapkan oleh ketua umum akan lebih menarik dan seksi kalau kemudian koalisi sudah terkumpul," kata dia.

Terkait adanya koalisi partai yang telah terbentuk, yaitu Partai Golkar, PAN dan PPP, dirinya menilai koalisi tersebut masih amat prematur dan belum kokoh.

"Koalisi itu sepertinya masih amat prematur. Lagipula pertemuannya masih baru sekali," katanya. 

Sebelumnya, Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily mengatakan, nama koalisi partai politik (parpol) dari gabungan PPP, PAN dan Golkar ialah Indonesia Bersatu. 

Ia menjelaskan, bersatu itu merupakan gabungan dari simbol Golkar, PAN dan PPP. 

"Jadilah kalau digabung menjadi Indonesia Bersatu. Filosofinya, sebuah harapan, menjadi sebuah koalisi yang berdiri kokoh, tumbuh kuat dan besar berkat sinar matahari, dan mendapatkan ridlo Allah SWT," kata Ace kepada wartawan, Jumat (13/5/2022). 

Baca Juga: Resmi Terbentuk, Ini Nama Koalisi Golkar, PAN, dan PPP

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI itu menyebut, tujuan dari terbentuknya koalisi itu untuk mengakhiri polarisasi masyarakat yang masih ada setelah 2 kali Pilpres, yakni Pilpres 2014 dan 2019.

"Tiga partai yang berkumpul sepakat bahwa dalam Pemilu 2024 nanti kita tidak boleh terjebak pada hal yang sama sebelumnya, yakni pembelahan sosial, polarisasi yang tidak kunjung sembuh meskipun pemilu sudah usai," ujarnya. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.