Kompas TV regional berita daerah

Pemeriksaan Kesehatan Sapi Ditingkatkan untuk Cegah PMK

Kompas.tv - 13 Mei 2022, 13:15 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Peternak sapi di Kabupaten Jember Jawa Timur melibatkan polisi dalam pengawasan masuknya hewan ternak sapi dari luar. Hal itu dilakukan untuk mencegah penyebaran virus penyakit mulut dan kuku.

Peternak sapi di Desa Bagorejo Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember meningkatkan kewaspadaan di tengah penyebaran virus penyakit mulut dan kuku.

Baca Juga: Pasar Hewan di Lumajang Sepi Transaksi Akibat Wabah PMK

Mereka memeriksa kesehatan hewan ternak sapi sehari 2 kali, menjaga kebersihan kandang sapi setiap waktu dan memberikan asupan makanan.

Hal itu dilakukan agar sapi mereka tidak mudah tertular virus PMK, karena virus tersebut mudah menular melalui mulut dan kuku. Sapi yang tertular akan mengalami kaki pincang, air liur menggantung, demam tinggi, terdapat luka lepuh di mulut, gusi, lidah, hidung dan kuku.

Baca Juga: Peternak Jual Sapi dengan Harga Murah Karena Wabah PMK

Peternak sapi juga melibatkan polisi dalam pengawasan keluar masuk hewan ternak dari luar kota, karena beberapa daerah di Jawa Timur sudah terpapar virus PMK.

Peternak berharap pemerintah mengambil langkah cepat dalam penanganan wabah PMK, karena beberapa bulan lagi masuk hari raya kurban.

#PemeriksaanKesehatan #DokterHewan #PenyakitMulutKuku #WabahPenyakit #Jember



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x