Kompas TV regional berita daerah

Cegah Penyakit Pada Ternak, Ganjar Minta Perbatasan Dijaga

Kompas.tv - 13 Mei 2022, 10:53 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menginstruksikan kepada jajarannya untuk siaga di wilayah perbatasan, guna mencegah masuknya penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak.

Menurut Ganjar, tindakan siaga di wilayah perbatasan perlu dilakukan untuk mengantisipasi dan mengisolasi hewan ternak dari Provinsi Jawa Timur, karena hewan ternak dari Jawa Timur ditemukan terjangkit penyakit mulut dan kuku. 

Ganjar juga sudah melakukan komunikasi dengan Kementerian Pertanian dan Gubernur Jawa Timur untuk penanganan penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak, dengan cara memusnahkan penyakit tersebut secara teknis yang dikuasai oleh para ahli dan dokter hewan.

"Kesehatan hewan, penyakit mulut dan kuku ya, ini ada di Jawa Timur. Dan kita ada di perbatasan kita betul-betul jaga. Itu aja sudah berkomunikasi dengan Pak Mentan juga, agar cepat kita menangani. Surveiler kita untuk kesehatan hewan lagi berjalan," ujar Ganjar.

Sementara itu, Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi, menambahkan, pihaknya juga akan melakukan antisipasi masuknya penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak dengan melibatkan satgas pangan yang dimiliki.

Selain mewaspadai masuknya penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak di wilayah perbatasan, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah juga mengantisipasi potensi penularan penyakit hepatitis akut pada anak.

#ganjarpranowo #gubenurjateng #pmk

 

   

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x