Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Kabar Duka, Duta Besar RI untuk Ukraina Ghafur Akbar Dharmaputra Meninggal Dunia

Kompas.tv - 13 Mei 2022, 10:04 WIB
kabar-duka-duta-besar-ri-untuk-ukraina-ghafur-akbar-dharmaputra-meninggal-dunia
Ghafur Akbar Dharmaputra Duta Besar RI untuk Ukraina meninggal dunia di RS Medistra Gatot Soebroto, Kamis (12/5/2022). (Sumber: `Instagram@indonesiainkyiv)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kabar duka menyelimuti Kedutaan Besar RI untuk Kiev, Duta Besar RI untuk Ukraina Ghafur Akbar Dharmaputra meninggal dunia.

Ghafur Akbar yang merupakan Duta Besar RI untuk Ukraina, Georgia dan Armenia meninggal di RS Medistra Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (12/5/2022) malam.

Hal itu diungkapkan KBRI Kiev di akun resmi Instagram-nya.

“Keluarga Besar KBRI Kyiv berduka mendalam atas kepergian beliau. Beliau adalah sosok pemimpin yang baik, amanah dan penuh tanggung jawab,” bunyi pernyataan KBRI Kiev.

Baca Juga: Taliban Larang Pria dan Perempuan Afghanistan Makan Bersama di Restoran Kota Herat

 “Teladan dan kebaikan yg beliau tunjukkan akan senantiasa kami kenang,” ujarnya.

Meninggalnya Dubes Ghafur, juga diungkapkan oleh Dubes RI untuk Kazakhstan yang juga mantan Juru Bicara Presiden Joko Widodo, Fadjorel Rahman.

Pada cuitannya di Twitter, Fadjroel Rachman mengucapnya duka citanya atas meninggalnya Dubes Ghafur.

“Innalillahi w.r. wafat Dubes RI untuk Ukraina H.E. Ghafur Akbar Dharmaputra, pkl 21.50 WIB di Jakarta. Keluarga Besar KBRI Nur-Sultan @nursultan_kbri sangat berduka cita,” cuitnya.

Dubes Ghafur merupakan salah satu dari 11 Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh (LBPP) yang dilantik Presiden Jokowi pada 17 November 2021.

Sebelum menjabat sebagai Dubes, Dubes Ghafur merupakan Staf Ahli Bidan Pembangunan Berkelanjutan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian).

Baca Juga: Ukraina Ungkap Serang Kapal Baru Rusia di Laut Hitam, Ciptakan Kebakaran

Ia juga sempat menjadi Konsulat Jenderal RI di New York, Amerika Serikat (AS).

Dubes Ghafur dikenal memiliki jasa penting saat terjadinya konflik Ukraina dan Rusia, dengan mengevakuasi WNI yang terjebak di Ukraina karena penyerangan Rusia.

Evakuasi itu dipimpinnya secara langsung.

Rombongan yang berangkat dari Kiev ke Molodva dan kemudian ke Rumania itu berjumlah 60 orang, dengan sebanyak 59 WNI dan 1 orang WNA.



Sumber : Instagram


BERITA LAINNYA



Close Ads x