Kompas TV nasional peristiwa

Ketika Jokowi Bersulang dengan Joe Biden saat Jamuan Makan Malam di Gedung Putih

Kompas.tv - 13 Mei 2022, 10:16 WIB
ketika-jokowi-bersulang-dengan-joe-biden-saat-jamuan-makan-malam-di-gedung-putih
Presiden Jokowi bersama dengan pemimpin negara-negara ASEAN lainnya melakukan sesi foto bersama Joe Biden menghadap Monumen Nasional (Sumber: Foto: Muclish Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo menghadiri jamuan santap malam yang digelar Presiden Amerika Serikat Joe Biden dengan pemimpin negara-negara ASEAN di Gedung Putih, Washington DC.

Proses jamuan santap malam dilakukan pada Kamis malam (12/5/2022) waktu setempat (WS) atau Jumat pagi, 13 Mei 2022 waktu Indonesia.

Berdasarkan keterangan Istana yang diperoleh KOMPAS TV, sebelum menikmati jamuan santap malam, Presiden Jokowi yang berangkat dari Hotel Ritz-Carlton menuju Gedung Putih disambut oleh Presiden Biden.

Kedua pemimpin negara tersebut kemudian bersalaman, berfoto bersama, dan menandatangani buku tamu kenegaraan.

Setelah itu, Presiden Jokowi bersama dengan pemimpin negara-negara ASEAN lainnya melakukan sesi foto bersama dengan menghadap Monumen Nasional.

Baca Juga: Di KTT Global Covid-19, Jokowi: Kita Harus Punya Pukulan Terakhir Terhadap Covid-19

Kemudian, Presiden Jokowi menuju Blue Room untuk mengikuti jamuan santap malam.

Dalam jamuan santap malam, Presiden Jokowi mendapatkan kehormatan untuk membalas toast atau bersulang dengan Presiden Biden.

Presiden Jokowi pun memberikan statement pengantar toast dengan mengatakan bahwa KTT Khusus ASEAN-AS merupakan momentum tepat untuk memperkuat kemitraan ASEAN-AS ke depan.

Termasuk menyambut baik secara prinsip kesepakatan ASEAN-AS untuk memiliki kemitraan strategis komprehensif yang merupakan status kemitraan paling tinggi.

"Kemitraan ini sangat penting di tengah situasi dunia yang dipenuhi ketidakpastian saat ini,” ucap Presiden Jokowi.

Baca Juga: Presiden Jokowi Bertemu Chairman dan CEO Air Products, Berharap Rencana Investasi Ditindaklanjuti

“Untuk itu, saya mengajak kita semua untuk mengangkat gelas bagi kemitraan ASEAN-AS yang terus berkontribusi bagi penguatan nilai multilateralisme, perdamaian dan stabilitas kawasan, motor penggerak kesejahteraan kawasan," kata Presiden Jokowi.

Agenda jamuan makan malam selesai sekitar pukul 20.00 WS, Presiden Jokowi meninggalkan Gedung Putih untuk kembali menuju Hotel Ritz-Carlton.

Dalam kesempatan ini, turut mendampingi Presiden Jokowi, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.