Kompas TV nasional kriminal

Pelaku Penculikan Puluhan Anak di Sejumlah Wilayah Mantan Napi Terorisme, Pernah Ikut di Poso

Kompas.tv - 13 Mei 2022, 08:44 WIB
pelaku-penculikan-puluhan-anak-di-sejumlah-wilayah-mantan-napi-terorisme-pernah-ikut-di-poso
Kapolres Bogor AKBP Iman Imanudin (Sumber: Tangkapan layar YouTube Kompas TV/Ninuk)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

BOGOR, KOMPAS.TV- Polisi Resort Bogor menangkap pelaku penculikan anak yang merupakan mantan narapidana yang sudah tiga kali menjalani pidana, dua pidana di antaranya terkait kasus terorisme.

Demikian Kapolres Bogor AKBP Iman Imanudin dalam wawancaranya dengan Jurnalis KOMPAS TV, Kamis (12/5/2022).

“Berdasarkan hasil pemeriksaan permulaan terhadap tersangka, yang bersangkutan mengaku pernah menjalani pidana tiga kali dan dua kalinya terkait permasalahan terorisme, kemudian mengikuti pelatihan di Poso selama tujuh  bulan,” kata Iman Imanudin.

Menurut AKBP Iman Imanudin, tersangka pelaku penculikan anak di sejumlah wilayah berkedok sebagai petugas Satgas Covid-19 dalam menjalankan aksinya.

Pelaku, kata Iman, menegur anak-anak yang kedapatan tidak menggunakan masker atau melanggar protokol kesehatan hingga merokok, kemudian memerintahkan untuk ikut dengannya.

Baca Juga: Polisi Periksa Wanita Terduga Pelaku Penculikan Anak di Kembangan Jakarta Barat

“Yang bersangkutan mengaku sebagai anggota kepolisian Satgas covid 19, menegur anak-anak tersebut, melanggar prokes, kemudian merokok, lalu kemudian anak tersebut dibujuk untuk ikutserta dengan tersangka,” ujar AKBP Iman.

Dari kasus penculikan ini, AKBP Iman menuturkan pihaknya telah menemukan 10 anak yang diculik.

Anak yang diculik, lanjut Iman, berasal dari sejumlah wilayah di Jakarta hingga Tangerang Selatan.

“Kami amankan, kami melakukan pemeriksaan pengembangan, ditemukan 10 orang, yang 10 orang ini berasal dari wilayah Jakarta Selatan, kemudian Jakarta Pusat Jakarta Barat, dan Tangerang Selatan,” ucap Iman.

Asmadi, orangtua dari satu di antara korban penculikan membenarkan jika pelaku dalam aksinya berpura-pura seolah-olah menjadi anggota Satgas Covid-19.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.