Kompas TV nasional politik

Golkar, PPP dan PAN Sepakat Bikin Poros Baru Buat Pemilu 2024

Kompas.tv - 13 Mei 2022, 06:10 WIB
golkar-ppp-dan-pan-sepakat-bikin-poros-baru-buat-pemilu-2024
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah) dan Ketua Umum PPP Suharso Manoarfa serta Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan berpegangan tangan sebagai tanda dimulainya kerja sama partai menyongsong Pemilu 2024, Kamis (12/5/2022). (Sumber: KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Amanat Nasional (PAN) mulai melakukan pendekatan satu sama lain untuk membangun koalisi dalam menghadapi pemulu 2024 mendatang.

Hal ini ditandai dengan pertemuan ketiga ketua umum partai tersebut di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis malam (12/5/2022).

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto tak membantah pertemuan dirinya dengan Ketum PAN dan Ketum PPP sebagai langkah awal membangun kerja sama dan koalisi untuk Pemilu 2024.

Baca Juga: Pertemuan Ketum PAN PPP dan Golkar, Airlangga: Kita ini Bertiga dan Bersatu

Menurut Airlangga, agenda kerja sama Golkar dengan PAN dan PPP ini tidak hanya di tingkat DPP Partai, tapi hingga ke tingkat daerah. 

Ia akan menginstruksikan seluruh jajaran Partai Golkar pada tingkat provinsi, kabupaten, dan kota untuk bekerja sama dengan PAN dan PPP sebagai tindak lanjut dari pertemuan hari ini.

"Tentunya kita akan bekerja sama ke depan untuk mengawal agenda-agenda politik ke depan, termasuk dalam pemilu nanti di 2024," ujar Airlangga usai pertemuan, Kamis malam (12/5/2022), dikutip dari Kompas.com.

Senada dengan Airlangga, Ketua Umum PPP Suharso Manoarfa menilai pertemuan ini sebagai tanda dimulainya koalisi dalam menyambut agenda politik ke depan. 

Baca Juga: Silaturahmi Politik Dan Arah Koalisi - SATU MEJA

"Kita ingin menunjukkan atau mendemonstrasikan sebuah kerja sama yang jauh lebih awal dan lebih cantik antarsesama partai politik untuk saling mengisi dan saling memperkuat kebersamaan kita," ujar Suharso.

Di kesempatan yang sama, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menyatakan, Indonesia merupakan negara yang besar sehingga perlu diurus bersama-sama melalui politik gagasan. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x