Kompas TV regional berita daerah

Harga Cabai Turun, Harga Bawang Masih Tinggi

Kompas.tv - 12 Mei 2022, 13:38 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Sempat melonjak sebelum dan saat Hari Raya Idul Fitri, harga semua jenis cabai di pasar tradisional di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, kini mulai turun. Namun, harga bawang merah justru terpantau masih tinggi.

Seperti di Pasar Kajen Kabupaten Pekalongan, harga semua jenis cabai mengalami penurunan dari Rp 4.000 hingga Rp 10.000 perkilogramnya. Seperti cabai merah keriting yang awalnya Rp 40.000 kini harganya Rp 30.000 perkilogramnya. Dan cabai rawit hijau yang semula harganya Rp 30.000 kini menjadi Rp 20.000 perkilogramnya. Turunnya harga cabai usai Lebaran karena stoknya yang melimpah.

Sementara itu, harga bawang merah terpantau masih mahal yakni Rp 40.000 perkilogramnya. Pedagang mengaku, masih mahalnya harga bawang merah lantaran daerah penghasil bawang merah seperti Kabupaten Brebes mengalami gagal panen.

"Setelah Hari raya Idul Fitri alhamdulillah harga turun, enggak mahal," ujar Dwi Setyowati, pedagang bumbu.

Akibat cuaca yang sering berubah-ubah juga menyebabkan sebagian kualitas bawang menjadi menurun, sehingga tidak layak jual. Kondisi ini juga menjadi salah satu penyebab masih tingginya harga bawang merah di pasaran.

#hargacabai #hargabawang #pekalongan

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.