Kompas TV video vod

Potret Marcos Jr dan Sara Duterte Menangkan Pemilu Filipina

Kompas.tv - 12 Mei 2022, 12:22 WIB
Penulis : Yuilyana

JAKARTA, KOMPAS.TV – Ferdinand Marcos Jr., putra senama dari seorang diktator Filipina mengklaim kemenangan bersama pasangan wapresnya Sara Duterte.

Marcos Jr. Yang akrab disapa Bongbong itu mengaku mengumpulkan lebih dari 31 juta suara dalam penghitungan tidak resmi.

Pasangan wakil presidennya, Sara Duterte, juga menang telak.

Mereka akan menjabat pada 30 Juni setelah hasilnya dikonfirmasi oleh Kongres.

Baca Juga: Dinasti Diktator Marcos Kembali Berkuasa, Bagaimana Nasib Demokrasi di Filipina?

“Dengan 98% suara dihitung, dan keunggulan tak tergoyahkan lebih dari 16 juta suara, rakyat Filipina telah berbicara dengan tegas. Ferdinand 'Bongbong' Marcos Jr. akan menjadi Presiden ke-17 Filipina. Dalam jumlah yang bersejarah, rakyat telah menggunakan hak pilihnya secara demokratis untuk mempersatukan bangsa kita. Ini adalah kemenangan bagi semua orang Filipina dan untuk demokrasi bagi mereka yang memilih Bongbong, dan mereka yang tidak, itu adalah janjinya untuk menjadi presiden bagi semua orang Filipina.”ungkap Juru Bicara Kandidat Presiden Victor Rodriguez.

Bongbong berharap dapat bekerja di seluruh Filipina dan dengan mitra dan organisasi internasional untuk mengatasi masalah kritis yang dihadapi negara tersebut.

Dilansir dari APTN Bongbong dan Sara Duterte, putri Rodrigo Duterte, berkampanye pada platform persatuan nasional tanpa mengatakan bagaimana mereka akan menyembuhkan luka yang telah bernanah sejak kepresidenan ayah mereka.

Video Editor: Ian



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x