Kompas TV regional berita daerah

Pemerintah Keluarkan Imbauan Kewaspadaan Hepatitis Akut

Kompas.tv - 12 Mei 2022, 09:30 WIB
Penulis : KompasTV Manado

MANADO, KOMPAS.TV- Pemerintah mengeluarkan imbauan terkait kewaspadaan Hepatitis Akut, pasca dilaporkannya dugaan suspek hepatitis yang tidak diketahui etiologinya di beberapa wilayah di Indonesia.

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi mengeluarkan  imbauan kewaspadaan Hepatitis Akut, pasca adanya laporan dari sejumlah negara terkait Hepatitis Akut yang tidak diketahui etiologinya di sejumlah negara.

Di Sulawesi Utara, Pemerintah Daerah melalui Dinas Kesehatan Provinsi Sulut mengambil langkah preventif diantaranya mengimbau Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit milik Pemerintah dan swasta untuk meningkatkan kewaspadaan  dini.

Apabila ditemukan adanya kasus pasien yang terdeteksi dengan gejala di antaranya kulit  dan "sclera" berwarna ikterik atau kuning dan urin berwarna gelar yang timbul secara mendadak, agar segera melapor.

Dinas Kesehatan di masing-masing Kabupaten Kota diminta untuk memberikan  komunikasi, informasi dan edukasi kepada masyarakat serta upaya pencegahan melalui penerapan  perilaku bersih dan sehat.

Per 9 Mei 2022, Dinas Kesehatan Provinsi Sulut belum menerima laporan adanya dugaan suspek hepatitis akut yang terjadi di Sulut. Meski demikian masyarakat diminta untuk tetap waspada dan menerapkan gaya hidup bersih dan sehat.

Mengutip Kompas.com, Indonesia dilaporkan telah mengidentifikasi 15 kasus hepatitis berat yang tidak diketahui asalnya setelah melaporkan tiga kematian di antara kelompok usia anak.

#kompastvmanado #dinkessulut #hepatitissulut

Yannemieke Singal Kompas tv Manado

Saksikan Siaran Kompastv :                   

Chanel 46 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x