Kompas TV regional berita daerah

Hanifah Nur Shafira Perempuan Pemberani Pengawal Ambulans

Kompas.tv - 11 Mei 2022, 11:37 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SOLO, KOMPAS.TV - Dalam video yang viral di media sosial, terlihat seorang perempuan warga Mojosongo, Solo, Jawa Tengah, berkendara membuka jalan membantu ambulans yang membawa pasien gawat darurat untuk mendapatkan akses jalan. Beberapa kali Hanifah Nur Shafira meminta kendaraan lain menepi, dan tak jarang menembus kemacetan dengan melintas jalur berlawanan.

Perempuan yang disapa Hanifah ini merupakan pengawal ambulans gawat darurat. Ia sudah menjalani profesi ini sejak tahun 2019 lalu. Ada kepuasan tersendiri saat hanifah berhasil mengawal ambulans sampai di rumah sakit. Walau diakui kadang ada perasaan takut saat harus berkendara dengan kecepatan tinggi. Orangtuanya tak pernah tahu kalo putrinya menjadi pembuka jalan ambulans, sebelum videonya viral.

"Awalnya itu saya prihatin sama masyarakat yang enggak mau ngasih jalan sama ambulans. Saat itu saya membantu mengawal ambulans sampai ke rumah sakit," ujar Hanifah.

Hingga kini, Hanifah masih bertugas walau sudah tak sesering dulu. Membuka jalan bagi ambulans, membantu pasien gawat darurat sampai IGD lebih cepat, walau sebenarnya sangat beresiko baginya. Tapi entah kenapa, resiko itu dirasa sepadan saat pasien bisa diselamatkan. Beberapa kali ada yang ingin membayarnya, namun selalu ditolak, karena bagi Hanifah apa yang dilakukannya murni karena kemanusiaan.

#solo #hanifa #pengawalambulans

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.