Kompas TV olahraga kompas sport

6 Fakta Menarik Banten International Stadium, Salah Satunya Rumput Impor dari Italia

Kompas.tv - 11 Mei 2022, 09:58 WIB
6-fakta-menarik-banten-international-stadium-salah-satunya-rumput-impor-dari-italia
Banten International Stadium (BIS) yang diresmikan pada Senin (9/5/2022) (Sumber: Instagram Stadion Banten)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto

SERANG, KOMPAS.TV — Banten International Stadium (BIS) merupakan satu-satunya stadion bertaraf Internasional milik pemerintah provinsi di wilayah ujung barat Pulau Jawa.

Terletak di Kawasan Sport Center Kecamatan Curug, Kota Serang, BIS telah diresmikan Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) pada Senin (9/5/2022) malam.

"Dengan mengucapkan Bismillahirahmanirahim stadion ini kami resmikan. Semoga dapat memberi manfaat dan kebahagiaan bagi masyarakat Banten," kata Wahidin Halim yang didampingi Wakilnya Andika Hazrumy, seperti dikutip dalam akun Instagram resmi @wh_wahidinhalim, Rabu (11/5/2022).

Lebih lanjut, mantan Wali Kota Tangerang itu meminta masyarakat Banten untuk bersama-sama menjaga dan merawat BIS agar kumuh.

"Mari kita rawat stadion ini, jangan sampai menjadi tempat yang kumuh. Masyarakat harus terlibat menjaga kebersihan. Masyarakat Banten terkenal sebagai masyarakat beradab, dikenal dunua Internasional sejak lama," ungkapnya.

Baca Juga: Masa Jabatan Segera Berakhir, Gubernur Banten Resmikan BIS Sambil Pamit dan Minta Maaf

Lalu, apa saja fakta menarik dari stadion banten bernama BIS yang berkelas internasional ini?

1. Fasilitas Banten International Stadium

Banten International Stadium memiliki luas bangunan 78.116 meter persegi. Bangunan terdiri dari enam (6) lantai ini mampu menampung sebanyak 30.038 ribu penoton dan memiliki 18 gate pintu masuk.

Sebanyak 19.124 kursi diperuntukan bagi penonton umum, 532 kursi untuk VIP dan pendamping difabel, 231 kursi untuk VVIP, dan 151 kursi untuk media.

Untuk menunjang kinerja stadion, tata suara stadion dipercayakan mengggunakan Toa Sound System dan tata pencahayaan arena stadion dengan dmx system sebanyak 172 lampu dengan kekuatan total 1500 lux . Adapun pekerjaan scoring board oleh eurodisplay italy.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.