Kompas TV nasional update

Peringatan Cuaca Ekstrem BMKG, 15 Wilayah Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir

Kompas.tv - 11 Mei 2022, 05:24 WIB
peringatan-cuaca-ekstrem-bmkg-15-wilayah-berpotensi-hujan-lebat-disertai-petir
Ilustrasi hujan lebat yang terjadi di daerah Sewon, Bantul, beberapa waktu silam. BMKG mengungkapkan cuaca ekstrem pada Rabu (11/5/2022) berpotensi muncul di sebagian wilayah Indonesia. (Sumber: Tribunjogja.com/Susilo Wahid)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengumumkan peringatan dini cuaca ekstrem yang berpotensi melanda sebagian wilayah Indonesia, Rabu (11/5/2022). Beberapa wilayah diprakirakan hujan lebat disertai petir atau angin kencang.

Potensi cuaca ekstrem ini muncul usai BMKG melaporkan hasil pantauannya terhadap Siklon Tropis KARIM di Samudera Hindia sebelah barat daya Banten.

Siklon tersebut secara tak langsung dapat memberikan dampak terhadap peningkatan curah hujan, kecepatan angin, dan peningkatan tinggi gelombang di Sumatera bagian selatan, Pesisir barat Sumatera dan Samudera Hindia hingga selatan Jawa.

Baca Juga: 94 Rumah di Lebak Banten Rusak Karena Angin Puting Beliung! BMKG: Sedang Peralihan Musim

Sirkulasi siklonik terpantau berada di Laut Seram bagian barat dan Kalimantan. Sistem tersebut membentuk daerah konvergensi di Maluku, Maluku Utara.

Konvergensi tersebut memanjang dari Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Papua. Serta daerah konfluensi terpantau memanjang di Samudra Hindia Barat daya Banten dan Laut Andaman.

Kondisi itu berpotensi meningkatkan pertumbuhan awan hujan di sekitar siklon tropis, sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi.

Baca Juga: Cuaca Panas Diprediksi hingga Pertengahan Mei, BMKG Imbau Masyarakat Jaga Stamina

Daftar wilayah Indonesia yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem

Sebanyak 15 wilayah di Indonesia dilaporkan berpotensi mengalami cuaca ekstrem. Cuaca yang dimaksud adalah hujan lebat yang bisa disertai petir dan angin kencang.

- Aceh

- Sumatera Utara

- Sumatera Barat

- Riau

- Bengkulu

- Kalimantan Barat

- Kalimantan Tengah

- Kalimantan Timur



Sumber : BMKG

BERITA LAINNYA



Close Ads x