Kompas TV nasional peristiwa

Dalam Seminggu Terjadi Gangguan Internet 2 Kali di Rute Berbeda, Diduga karena Ini Penyebabnya

Kompas.tv - 11 Mei 2022, 03:00 WIB
dalam-seminggu-terjadi-gangguan-internet-2-kali-di-rute-berbeda-diduga-karena-ini-penyebabnya
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G.Plate didampingi Plt Dirjen PPI Ismail dan Direktur Network and IT Solution PT Telkom Indonesia Herlan Wijanarko dalam konferensi pers di Kementerian Kominfo, Selasa (10/5/2022). (Sumber: ANTARA/Livia Kristianti)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyatakan dalam seminggu telah terjadi gangguan internet jaringan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) sebanyak dua kali di Indonesia.

Adapun gangguan internet tersebut terjadi di dua rute yang berbeda, yaitu Jakarta-Surabaya dan Merauke-Timika.

Baca Juga: Demi Penataan Frekuensi Internet Cepat, Siaran TV Analog Dimatikan dan Beralih ke TV Digital

“Dalam minggu-minggu terakhir telah terjadi dua kali gangguan SKKL atau jaringan kabel serat optik di Indonesia," kata Johnny dalam konferensi persnya di Jakarta pada Selasa (10/05/2022).

"Pertama gangguan terhadap SKKL Jakarta-Surabaya. Kedua, jaringan fiber optic Sulawesi, Maluku, Merauke sampai ke Timika. Gangguan ini sedang dilakukan mitigasi apa penyebabnya," ujarnya.

Johnny menjelaskan, PT Telkom Indonesia telah melakukan perbaikan mengenai gangguan jaringan SKKL di rute Jakarta-Surabaya yang selesai pada 6 Mei 2022.

“Syukur Alhamdulillah PT Telkom dengan sigap melakukan perbaikan. Selesai pada 6 Mei yang lalu, sehingga layanan telekomunikasi tulang punggung data yang besar dapat terjaga dengan baik,” ujarnya.

Baca Juga: Jelang Mudik Lebaran, Kominfo Bakal Pastikan Rest Area Berinternet 4G

Sementara gangguan pada rute Merauke-Timika, Johnny mengakui akan memengaruhi kualitas layanan telekomunikasi dan berdampak terhadap kualitas layanan internet di wilayah Papua.

Menurut dia, saat terjadi gangguan SKKL Merauke-Timika, kapasitas kebutuhan traffic diperkirakan sebesar 42 GB.

Oleh karena itu, Kominfo bersama PT Telkom telah menyiapkan jaringan alternatif sebagai langkah mitigasi gangguan SKKL Sulawesi Maluku Papua Cable System (SMPCS).

“Recovery dilakukan dengan memanfaatkan back up link sebesar 3,25 GB. Dari Palapa Ring sebesar 1,25 GB dan satelit sebesar 2 GB,” ujar Johnny.

Baca Juga: Dampak Badai Matahari, Sebabkan Kiamat Internet & Mati Listrik Massal, Bagaimana dengan Hari Ini?

Lebih lanjut, Johnny menuturkan pihaknya mengidentifikasi ada tiga penyebab terjadinya gangguan SKKL dalam seminggu terakhir ini.



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x