Kompas TV olahraga kompas sport

Timnas Indonesia U23 Masih Tampil Kurang Maksimal, Ini Kata Shin Tae-yong

Kompas.tv - 11 Mei 2022, 02:00 WIB
timnas-indonesia-u23-masih-tampil-kurang-maksimal-ini-kata-shin-tae-yong
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan berharap penampilan Timnas Indonesia U23 terus meningkat usai mengalahkan Timor Leste di laga kedua Grup A SEA Games 2021, Selasa (10/5/2022). (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Shin Tae-yong memberikan penjelasan kenapa Timnas Indonesia U23 masih belum bisa tampil maksimal di SEA Games 2021.

Garuda Muda memulai kampanye mereka untuk meraih medali emas SEA Games dengan kekecewaan saat ditaklukkan tuan rumah Vietnam dengan skor 3-0 di laga perdana.

Untungnya di laga kedua, Marc Klok dan kawan-kawan mampu bangkit di laga kedua dan meraih kemenangan 4-1 atas Timor Leste, Selasa (10/5/2022).

Namun penampilan Timnas Indonesia masih jauh dari harapan.

Apalagi saat awal pertandingan, mereka nyaris kebobolan lebih dulu di laga melawan Timor Leste apabila Ernando Ari tidak melakukan penyelamatan gemilang untuk menggagalkan eksekusi penalti Mouzinho.

Dalam hal penguasaan bola pun para pemain juga masih sering melakukan salah umpan.

Juga dalam penyelesaian lini depan, barisan penyerang banyak membuang peluang yang didapat.

Terkait hal tersebut, Shin Tae-yong menjelaskan bahwa para pemainnya memang belum menemukan performa terbaiknya.

Dia pun mengatakan, seiring dengan berjalannya waktu, penampilan Timnas Indonesia U23 akan terus membaik.

Baca Juga: Timnas Indonesia U23 Kalahkan Timor Leste, Ketum PSSI Harap Penampilan Garuda Muda Terus Meningkat

"Meski di laga pertama kami kalah dari Vietnam U23, Indonesia U23 secara bertahap menunjukkan performa yang lebih baik seiring para pemain memulihkan kebugaran dan mempersiapkan diri dengan matang," ujar Shin Tae-yong dikutip dari The Thao 247.

"Kami siap bermain melawan Filipina dan Myanmar, kekuatan tim juga bagus karena cedera pemain tidak terlalu serius," imbuhnya.

Salah satu cara yang dilakukan Shin Tae-yong untuk meningkatkan permainan anak asuhnya adalah memberi kesempatan untuk para pemainnya.

Di dua laga yang telah dijalani Timnas Indonesia U23, hampir seluruh pemain sudah diberi kesempatan bermain oleh Shin Tae-yong.

Dia pun berharap, kesempatan bermain tersebut akan membuat feeling bermain pemain terus membaik dan adaptasi semakin lancar.

"Bagi saya, berapa poin yang saya peroleh tidak sepenting bagaimana harus beradaptasi dengan lingkungan dan lapangan di sini," lanjut Shin.

"Dua kemenangan (di laga uji coba) jelang SEA Games, pemain Indonesia U23 belum banyak mendapat kesempatan bermain, sehingga feeling bermain kurang bagus. Mudah-mudahan ini akan membaik dalam waktu dekat," pungkasnya.

Baca Juga: Hasil Indonesia vs Timor Leste: Garuda Muda Menang dengan Skor 4-1



Sumber : The Thao 247

BERITA LAINNYA



Close Ads x