Kompas TV olahraga kompas sport

Aksi Heroik Seorang Pemain Laos U23 Dipuji, Selamatkan Nyawa Pemain Lawan, Relakan Tangannya Digigit

Kompas.tv - 10 Mei 2022, 15:40 WIB
aksi-heroik-seorang-pemain-laos-u23-dipuji-selamatkan-nyawa-pemain-lawan-relakan-tangannya-digigit
Pemain Laos U23, Damoth menyelamatkan nyawa pemain Kamboja U23, Phat Sokha. (Sumber: twitter.com/theaseanball)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Purwanto

NAM DIHN, KOMPAS.TV - Aksi heroik dilakukan oleh pemain Timnas Laos U23 untuk menyelamatkan nyawa dari sang lawan, penggawa Kamboja U23 di ajang SEA Games 2021. 

Pertandingan Laos vs Kamboja yang berlangsung di Stadion Thien Truong, Nam Dihn, Senin (9/5/2022) malam WIB berakhir dengan skor 1-4. 

Kamboja berhasil menang lewat gol-gol Chanthea (4'), bunuh diri Anantaza (14'), Rina (63'), dan Somoun pada menit 71. Sementara gol hiburan Laos dicetak oleh Phouvien menit ke-67.

Kendati menelan kekalahan telak, para penggawa Laos U23 tidak menepikan rasa kemanusiaan dan tetap menjunjung tinggi asas fair-play. 

Baca Juga: Klasemen SEA Games 2021: Tambah 2 Emas, Malaysia Masih di Puncak, Indonesia di Mana?

Pada laga ini, sempat terjadi insiden yang menghkawatirkan. 

Pemain Laos, Damoth Thongkhamsavath terlibat duel udara dan berbenturan dengan bek Kamboja, Phat Sokha. 

Pasca berbenturan, Damoth melihat ada geliat aneh dari Phat Sokha. Sang pemain bertahan Kamboja hilang kendali tubuhnya dan lidahnya hampir tertelan. 

Tanpa basa-basi, Damoth langsung memasukkan tangannya ke mulut Phat Sokha untuk menahan lidahnya agar tidak tetelan. Dia rela tangannya tergigit oleh Phat Sokha. 

Baca Juga: SEA Games 2021: Ketum PSSI Minta Timnas Indonesia U23 Jangan Remehkan Timor Leste

Momen ini sempat diunggah oleh akun Twitter @theaseanfootball. Aksi heroik Damoth ini mendapat reaksi positif dari netizen.

Di olahraga kontak fisik semacam sepak bola, kerap kali terjadi benturan-benturan yang bisa berakibat fatal. 

Salah satu contohnya adalah peristiwa kiper Napoli, David Ospina yang mengalami benturan kepada dengan striker Inter Milan Edin Dzeko di Liga Italia musim ini. 

Pasca berbenturan, Ospina langsung terkapar tak berdaya. Beruntun, bek Napoli, Giovanni Di Lorenzo sigap menahan sang kiper menelan lidahnya. 

Penting bagi para pemain sepak bola untuk mengetahui basic life support macam penggunaan teknik PCR untuk memompa jantung yang berhenti. 

Salah satu kejadian paling masyhur adalah aksi mengesankan bek Denmark, Simon Kjaer saat menyelamatkan nyawa Christian Eriksen di Euro 2020 silam.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x