Kompas TV olahraga kompas sport

Prediksi Susunan Timnas Indonesia vs Timor Leste, Potensi Pesta Gol dan Efek Asnawi Mangkualam

Kompas.tv - 10 Mei 2022, 06:55 WIB
prediksi-susunan-timnas-indonesia-vs-timor-leste-potensi-pesta-gol-dan-efek-asnawi-mangkualam
Prediksi Susunan pemain Timnas Indonesia Putra U23 dalam ajang SEA Games 2021. (Sumber: PSSI)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Timnas Indonesia U-23 mendapatkan banyak sorotan setelah  tumbang 0-3 pada laga perdana lawan tuan rumah Vietnam. Pada pertandingan lanjutan yang digelar hari ini, Selasa (10/5/2022) diprediksi Coach Shin Tae-yong akan bermain habis-habisan.

Apalag, pasca kedatangan kapten Asnawi Mangkualam pada hari Minggu 8 Mei 2022 akan menambah daya juang pemain timnas. Asnawi bukan sekadar kapten belaka, ia adalah metronom dalam tim dan bisa jadi pelecut semangat tim. 

Pada posisi penjaga gawang, Shin Tae-yong kemungkinan akan memasang Ernando Ari, kiper timnas asal Persebaya Surabaya. Hal ini mengingat di pertandingan awal timnas diberondong tiga gol tanpa balas oleh Vietnam.

Posisi 4-3-2-1 dipercaya akan tetap jadi andalan Shin Tae-yong. Bedanya, kali ini akan lebih menyerang mengingat Timor Leste secara kualitas sebenarnya berada di bawah timnas Indonesia U-23 ini.

Posisi penjaga sebelumya dipegang Adi Satrio yang berhasil dibobol oleh Nguyen Tien Link, Do hung Dung dan Le Van Do, ketiganya dicetak di babak kedua. Di posisi ini, Ernando Ari akan dipercaya Shin Tae-yong sebagai penggantinya.

Lantas, di depanya Fachrudin Aryanto akan tetap duet dengan Alfeandra Dewangga. Keduanya penting, terutama Alfeandra untuk distribusi bola agar punya banyak opsi dalam suplay bola lini tengah.

Di fullback kanan, Asnawi akan jadi starter sedangkan di kiri Firza Andika diprediksi akan tetap dipercaya sebagai juru gedor timnas. Ia diproyeksikan untuk menggantikan posisi Pratama Arhan yang memang tidak bisa bergabung karena bermain di Tokyo Verdi di Liga Jepang.

Di lini krusial tengah, Rachmat Irianto adalah pilihan terbaik. Ia akan didampingi oleh Marc Klok yang sebenarnya bermain cukup bagus lawan Vietnam.

Baca Juga: Kalah 3-0 dari Vietnam, Ketum PSSI Minta Shin Tae-yong Segera Perbaiki Kekurangan Timnas U23

Lantas, untuk posisi penyerang tetap akan menggunakan Witan Sulaiman di posisi kiri dan Ricky Kambuaya di tengah, serta bisa menggeser Marselino Ferdinan di kanan.

Di posisi ini ia bisa bergantian dengan Ricky Kambuaya. Apalagi, Marselino Ferdinan adalah pemain muda terbaik Liga Indonesia kemarin dan sayang jika harus menghangatkan bangku cadangan lagi.

Di depan, Egy Maulana Fikri bisa jadi opsi terbaik dengan kemampuan skil dan terobosan yang ia miliki.

(4-2-3-1): Ernando Ari; Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Alfeandra Dewangga, Firza Andika; Rachmat Irianto, Marc Klok; Marselino Fedinan,  Witan Sulaeman, Ricky Kambuaya, Egy Maulana Vikri

Pesan Asnawi Mangkualam

Sebelum pertandingan, Asnawi juga berpesan agar merebut tiga pertandingan Sea Games 2021 demi emas timnas yang diidam-idamkan. 

"Saya berharap semua pemain mempersiapkan diri lagi untuk laga selanjutnya, karena tiga pertandingan sisa sangat penting di penyisihan grup karena kami wajib memenangkan untuk melaju ke babak berikutnya," paparnya dikutip dari situs resmi PSSI.

Asnawi juga memberikan kabar terbaru setelah alami cedera cukup horor di laga terakhir bersama Ansan Greeners. Dari tayangan video, terlihat kaki eks PSM Makassar itu tertekuk setelah jatuh dengan tumpuan yang kurang sempurna.

Beruntung, tidak ada cedera serius yang dialami Asnawi.

Dia mengatakan hanya perlu pemulihan beberapa hari supaya kembali fit.

"Kondisi alhamdulillah baik. Mungkin ada sedikit rasa ganjal bagian engkel dan masih proses pemulihan. Semoga secepatnya bisa kembali pulih dan bermain. Tapi harapannya sudah main laga berikutnya," imbuh Asnawi Mangkualam.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x