Kompas TV nasional sosial

Kemenpan RB Siapkan Penerimaan Pegawai Baru Khusus Orang Asli Papua, Harus Terlaksana 2022

Kompas.tv - 9 Mei 2022, 23:05 WIB
kemenpan-rb-siapkan-penerimaan-pegawai-baru-khusus-orang-asli-papua-harus-terlaksana-2022
Menpan RB sebut Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) segera menyiapkan penerimaan pegawai baru khusus untuk orang asli Papua (OAP). (Sumber: Kemenpan RB)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) segera menyiapkan penerimaan pegawai baru khusus untuk orang asli Papua (OAP).

Menteri PAN RB, Tjahjo Kumolo, saat memimpin apel pagi Kementerian PANRB, di Jakarta, Senin (9/5/2022), mengatakan hal itu merupakan tugas jangka pendek yang harus diselesaikan.

“Tugas jangka pendek yang harus diselesaikan oleh Kemenpan RB, adalah segera mempersiapkan penerimaan pegawai baru khusus untuk orang asli Papua,” jelasnya, dikutip dari kanal Youtube Kemenpan RB.

Nantinya para pegawai yang diterima akan ditempatkan di tiga provinsi pemekaran di Papua.

Selain di ketiga provinsi pemekaran, juga akan menempatkan orang asli Papua di seluruh kementerian/lembaga, dan pemerintah daerah.

Baca Juga: Menpan RB Beri Arahan PNS untuk WFH Seminggu Usai Mudik, Masuk Kantor Diperkirakan 16 Mei

“Ini harus segera dilaksanakan tahun 2022 sebagaimana arahan Bapak Presiden,” tegasnya.

Kedua, lanjut Tjahjo, data klaster pertama untuk enam ribu pegawai, termasuk TNI-Polri yang dipersiapkan awal 2024 untuk pindah ke ibu kota negara baru juga harus sudah detail di masing-masing kementerian/lembaga.

Dalam kesempatan itu, Tjahjo juga menyebut bahwa selama kurun waktu dua tahun terakhir, ia menilai program kerja Kementerian PAN RB telah berjalan dengan baik.

Meski demikian, masih ada beberapa agenda reformasi birokrasi yang membutuhkan percepatan.

“Yang secara makro diharapkan dapat mendukung pencapaian pembangunan nasional yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.”

Ia juga menjelaskan, pada tahun 2022 ini berbagai target kinerja yang perlu menjadi perhatian adalah percepatan reformasi birokrasi dan sistem akuntabilitas kinerja pemerintah di daerah, khususnya di level kabupaten/kota.

Selain itu, juga kolaborasi dalam membangun penerapan reformasi  birokrasi tematik ketika akselerasi transformasi digital telah mendukung birokrasi digital nasional.

Baca Juga: Setuju Usulan Kapolri Soal WFH Usai Libur Lebaran, Menpan RB: Juga Bisa untuk Cegah Kasus Covid-19

Kemudian, implementasi sistem kerja baru yang efektif, kolaboratif, pasca penyederhanaan birokrasi.

Selanjutnya adalah percepatan penetapan regulasi manajemen ASN untuk mengakselerasi transformasi pengelolaan SDM ASN.

“Perbaikan sistem seleksi calon ASN untuk memastikan proses seleksi calon ASN tahun 2022 berjalan dengan baik, sesuai kebutuhan sehingga menutup ruang adanya indikasi kecurangan dalam seleksi ASN,” urainya.

Ia berharap, di lingkup internal Kemenpan RB dapat cepat terbangun satu data Kementerian PAN RB untuk mendukung decision making process serta optimalisasi single digital service platform bidang PAN RB.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x