Kompas TV feature news or hoax

Hoaks Moderna Ciptakan Virus Dan Vaksin Covid 19 Sebelum Muncul Di Wuhan - NEWS OR HOAX

Kompas.tv - 9 Mei 2022, 18:26 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Beredar narasi yang menyebut bahwa perusahaan Biofarma Moderna memproduksi virus penyebab covid-19 dan vaksinnya, sebelum kemunculan virus corona di Wuhan, Tiongkok. 

Namun berdasarkan penelusuran, narasi itu tidak benar alias hoaks.

Faktanya dokumen yang diunggah dalam narasi tersebut merupakan dokumen "material transfer agreement" dan merupakan dokumen dapat diakses dengan bebas dalam bentuk pdf setebal 153 halaman. Dokumen ini diunggah oleh jurnalis Bob Herman dari situs berita online Amerika Serikat, Axios.

Dokumen tersebut berisi perjanjian institut kesehatan nasional Amerika Serikat (NIH) dan Moderna, yang juga melibatkan NIAID. Nih dan moderna memang sudah menandatangani perjanjian kolaborasi penelitian sejak mei 2019. Namun saat itu mereka tengah mengembangkan kandidat vaksin terhadap virus corona yang menyebabkan sindrom pernafasan timur tengah, mers-cov dan virus nipah.

Perjanjian kolaborasi ini disalahpahami karena mers dan covid-19 tampak serupa. Sebagai informasi, Direktur Niaid, Anthony Fauci dan pendiri microsoft Bill Gates kerap jadi sasaran disinformasi seputar covid-19 di media sosial.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.