Kompas TV feature news or hoax

Hoaks Tol Langit Untuk Mudik - NEWS OR HOAX

Kompas.tv - 9 Mei 2022, 18:26 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Tol langit kembali menjadi bahan perbincangan sejumlah warganet di musim mudik lebaran 2022 dengan narasi, "infonya mas eee, tol langit udah beres blum mau mudik nih".

Pada kolom komentar muncul tanggapan warganet lainnya. Keberadaan tol langit seolah menjadi ledekan di antara mereka. Setelah ditelusuri informasi tersebut memang tidak benar atau hoaks.

Faktanya, tol langit merupakan istilah pemerintah dalam mewujudkan pemerataan sinyal atau akses internet bebas hambatan di seluruh Indonesia tanpa terkecuali.

Dalam pembahasan tol langit, saat itu pemerintah terus mengintegrasikan palapa ring berupa serat optik hingga merata di seluruh Indonesia, serat optik ini diharapkan menjadi tumpuan semua penyelenggara telekomunikasi dan pengguna jasa telekomunikasi di Indonesia.

Bahkan Menkominfo saat ini Johnny G Plate mengatakan, serat optik Indonesia berpotensi menjadi titik penghubung dunia. Karenanya diperlukan kolaborasi dan dukungan semua pihak terkait.

Jadi informasi tol langit yang bentuknya sama persis dengan jalan tol pada umumnya, yang bisa dilalui kendaraan untuk melintas, atau perpindahan orang dan barang seperti mudik dan lain-lain, adalah tidak benar atau hoaks.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x