Kompas TV nasional berita utama

Luhut: Pemerintah Masih Berlakukan Aturan PPKM Jawa-Bali Sampai Waktu yang Belum Ditentukan

Kompas.tv - 9 Mei 2022, 16:19 WIB
luhut-pemerintah-masih-berlakukan-aturan-ppkm-jawa-bali-sampai-waktu-yang-belum-ditentukan
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Sumber: Instagram @luhut.pandjaitan)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan aturan PPKM Jawa-Bali masih tetap diberlakukan meskipun kondisi pandemi Covid-19 membaik.

Demikian Luhut Binsar Pandjaitan dalam Keterangan Pers Bersama Menteri Kabinet Indonesia Maju di Kantor Presiden, Senin (9/5/2022).

“Pemerintah juga menegaskan hingga hari ini masih dan akan terus memberlakukan aturan PPKM Jawa Bali hingga waktu yang masih belum ditentukan mengikuti hasil evaluasi secara regular yang dipimpin langsung oleh Presiden,” ucap Luhut.

Luhut lebih lanjut menuturkan membaiknya kondisi pandemi, tidak mematahkan semangat Pemerintah untuk terus melakukan akselerasi vaksinasi dosis kedua dan juga booster untuk seluruh wilayah Jawa Bali yang masih tertinggal.

“Selain itu, Pemerintah tetap mendorong penggunaan Peduli Lindungi dan masker di tempat-tempat public. Hal ini dilakukan semata-mata untuk mengurangi dampak buruk dari Covid-19 dan memberikan kekebalan bagi masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga: Pasca-Lebaran, Luhut: Pemerintah Perkuat Testing dan Tracing untuk Pantau Kasus Covid-19

Dalam keterangannya, Luhut juga menyampaikan bahwa berdasarkan level asesmen yang dilakukan oleh Pemerintah hingga 7 Mei 2022, tidak ada Kabupaten/Kota yang berada di Level 4.

“Hanya Kabupaten Pamekasan yang masih berada di Level 3 akibat Level vaksinasi yang tidak memadai,” ujarnya.

Menurut Luhut keberhasilan penanganan pandemi Covid-19 hingga hari ini membuatnya percaya bahwa peran serta masyarakat merupakan kunci utama untuk bebas dari badai pandemi ini.

“Segala langkah strategis yang akan diambil dan sudah diberlakukan tentunya tetap menjunjung tinggi prinsip kehati-hatian. Jangan sampai perbaikan yang sudah kita capai membuat kita terlena dan akhirnya akan menjadi sia-sia,” kata Luhut.

Baca Juga: Pasien Covid-19 di Wisma Atlet Tersisa 3 Orang

Oleh karena itu, sambung Luhut, Pemerintah akan terus menjaga momentum baik ini karena belum sepenuhnya puas dengan capaian diatas.

“Untuk itu Pemerintah akan terus bekerja menuntaskan pandemi ini dan Pemerintah juga terus berharap agar keterlibatan peran serta dan juga kesadaran masyarakat hari ini berperan penuh dalam terus menjaga Protokol Kesehatan,” ujarnya.

“Utamanya dalam melakukan penggunaan masker, agar kita semua dapat segera keluar dari badai pandemi ini,” tambah Luhut.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x