Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Samakan Putin dan Rusia dengan Nazi, Menteri Pertahanan Inggris: Nasib Mereka Juga Akan Sama

Kompas.tv - 9 Mei 2022, 11:02 WIB
samakan-putin-dan-rusia-dengan-nazi-menteri-pertahanan-inggris-nasib-mereka-juga-akan-sama
Presiden Rusia, Vladimir Putin disamakan dengan Nazi oleh Menteri Pertahanan Inggris, Ben Wallace, dan diyakini akan berakhir sama dengan Nazi. (Sumber: Yekaterina Shtukina/Sputnik Kremlin Pool Photo via AP, File)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Purwanto

LONDON, KOMPAS.TV - Menteri Pertahanan Inggris, Ben Wallace mengungkapkan apa yang dilakukan Presiden Rusia, Vladimir Putin dan komplotannya sama dengan Nazi.

Ia pun menegaskan Putin dan lingkaran terdalamnya akan bernasib sama dengan yang dialami Nazi.

Yang dimaksud Wallace, adalah mengalami kekalahan dan menghadapi persidangan atas kejahatan mereka.

Pernyataan Wallace itu muncul di saat Rusia akan mengadakan parade militer untuk merayakan Hari Kemenangan, yang menandai kemenangan Uni Sovyet atas Nazi Jerman di Perang Dunia II pada 1945.

Baca Juga: Pesan Bono U2 ke Pemuda Rusia: Gulingkan Vladimir Putin!

“Melalui invasi ke Ukraina, Putin dan lingkungan terdalam serta jenderalnya akan bercermin dari fasisme dan tirani pada 70 tahun lalu, mengulangi kesalahan rezim kediktatoran di abad yang lalu,” bunyi pernyataan Wallace berdasarkan pengarahan seperti dikutip dari Sky News.

“Nasib mereka juga pastinya akan sama,” tambah Wallace.

Berdasarkan pengarahan tersebut, Wallace yang akan melakukan audiensi di Museum Nasional Militer, London, juga melanjutkan pernyataannya.

“Aksi ilegal dan tanpa provokasi mereka ke Ukraina, menyerang warga tak besalah dan rumah mereka, serta penyebaran kekejaman, termasuk dengan sengaja melawan perempuan dan anak-anak, merusak ingatan akan pengorbanan masa lalu dan reputasi global yang pernah dibanggakan Rusia,” katanya.

Baca Juga: PM Kanada Trudeau Kunjungi Ukraina , Sebut Putin Lakukan Kejahatan Perang

Wallace juga dikabarkan mengkritik prilaku komandan Rusia atas kejahatan perang, dan ketidakmampuan mereka mengamankan keuntungan yang diharapkan Putin.

“Semua tentara profesional harus terkejut dengan perilaku tentara Rusia,” ucapnya.

“Mereka tak hanya terlibat dalam invasi ilegal dan kejahatan perang, tetapi petinggi mereka telah gagal dan mempermalukan pangkatnya, dan sudah sampai tahapan mereka harus diadili di pengadilan militer,” lanjutnya.



Sumber : Sky News


BERITA LAINNYA



Close Ads x