Kompas TV regional update

Hingga Pagi Ini, Polisi Masih Berlakukan One Way di Tol Japek Arah Jakarta

Kompas.tv - 8 Mei 2022, 10:06 WIB
hingga-pagi-ini-polisi-masih-berlakukan-one-way-di-tol-japek-arah-jakarta
Suasana arus lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS. TV – sistem satu arah atau one way masih diberlakukan oleh pihak kepolisian di Tol Jakarta-Cikampek, tepatnya hingga kilometer 47 arah Jakarta, pada Minggu (8/5/2022) pagi.

Iptu Yoga Aprianto menyampaikan hal itu melalui rekaman video yang diunggah akun Twitter resmi Traffic Management Center Polda Metro Jaya, @TMCPoldaMetro.

"Pada hari Minggu, 8 Mei 2022, melalui pantauan CCTV NTMC Ditlantas Polda Metro Jaya, saat ini masih diberlakukan sistem one way di jalan Tol Cikampek menuju Jakarta sampai dengan kilometer 47," tutur Yoga.

Selain penerapan rekayasa lalu lintas berupa one way, di kilometer 28, kepolisian juga menerapkan sistem contraflow.

Selanjutnya, setelah kilometer 28 hingga ujung Tol Jakarta-Cikampek, yakni di Halim Utama, Yoga memastikan, kepolisian tidak menerapkan rekayasa lalu lintas.

Baca Juga: Ambulans Terobos One Way Ternyata Bawa Wisatawan, Pengemudi Sempat Berbohong saat Ditanya Polisi!

"Terpantau juga di CCTV kami, situasi di kedua arahnya (Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta dan arah Bandung) terpantau lancar," papar Yoga.

Ia menambahkan, kepolisian juga mengimbau agar para pengendara kendaraan roda empat yang melintasi tol agar aktif melihat perkembangan rekayasa lalu lintas melalui media sosial.

Sebab, rekayasa lalu lintas dinamis, bergantung situasi di lapangan.

Para pengendara mobil, lanjut dia, dapat memantau perkembangannya melalui akun Instagram resmi TMC Polda Metro Jaya, @tmcpoldametro, atau akun Twitter @TMCPoldaMetro, atau akun media sosial lainnya.

"Dan juga para pengguna jalan agar tetap mematuhi arahan dari petugas di lapangan demi terwujudnya kelancaran, kenyamanan, dan keamanan berlalu lintas," sambung Yoga.

Sebelumnya diberitakan sekitar 1,2 juta kendaraan belum kembali ke Jabotabek pada periode H+1 hingga H+3 Lebaran atau tanggal 3 hingga 6 Mei 2022. Data tersebut diketahui berdasarkan catatan PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Sementara pada periode yang sama, sebanyak 815.000 kendaraan tercatat sudah kembali ke Jabotabek.

Baca Juga: Perlu Diketahui, Ini 3 Strategi Polda Lampung Atasi Kepadatan Arus Balik di Pelabuhan Bakauheni

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, pihaknya mencatat ada total 2 juta kendaraan yang meninggalkan Jabotabek pada H-10 hingga H+1 lebaran.

Jumlah kendaraan yang sudah kembali ke Jabotabek merupakan angka realisasi kendaraan yang yang keluar pada periode H-10 sampai dengan H+1 Lebaran 2022.

“Kami mencatat total 2 juta kendaraan meninggalkan Jabotabek pada H-10 sampai dengan H+1, atau pada 22 April-2 Mei 2022,” ungkap Dwimawan.



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x