Kompas TV nasional peristiwa

H+3 Lebaran, 1,2 Juta Mobil Belum Kembali ke Jabotabek

Kompas.tv - 8 Mei 2022, 04:25 WIB
h-3-lebaran-1-2-juta-mobil-belum-kembali-ke-jabotabek
Ilustrasi kemacetan saat arus balik Lebaran 2022. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV – Hingga H+3 Idulfitri 1443 Hijriah, sekitar 1,2 juta atau 60 persen kendaraan pemudik belum kembali ke daerah Jabotabek (Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi).

Data ini disampaikan Corporate Communication and Community Development Group Head Dwimawan Heru dalam keterangan tertulis, Sabtu (7/5/2022).

Dia menjelaskan saat arus mudik yaitu pada 22 April 2022 hingga 2 Mei 2022, tercatat ada 2 juta kendaraan meninggalkan Jabotabek.

Baca Juga: [TOP3NEWS] Polisi Maafkan Penumpang Alphard, Imbas One Way, Ambulans Golkar Terobos One Way Puncak

Namun, untuk arus balik hingga 7 Mei 2022, baru sekitar 815 kendaraan yang melintas untuk kembali ke Jabotabek.

“Yang berarti masih ada sekitar 60 persen atau 1,2 juta kendaraan yang belum kembali,” ujarnya seperti dikutip Antara.  

Jasa Marga memprediksi, Minggu (8/5/2022) masih merupakan puncak arus balik. Jumlah kendaraan yang akan kembali ke Jabotabek pada Minggu 8 Mei 2022 diperkirakan sebanyak 269.444 kendaraan.

Baca Juga: Menhub Imbau untuk Tunda Kepulangan, Polda Metro Jaya Akui Siap Layani Masyarakat Kapan Saja!

Karena masih ada lebih dari setengah total pemudik belum kembali ke Jabotabek, Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk kembali mengatur waktu perjalanan.

“Sejak kemarin, kami mengimbau masyarakat untuk tidak pulang di puncak arus balik. Kami berharap dengan adanya kebijakan perpanjangan libur anak sekolah hingga 12 Mei 2022, maka lalu lintas sebesar 60 persen yang belum kembali tadi bisa terdistribusi hingga pekan depan,” urainya.

Namun dia juga berharap, jika pemudik memutuskan kembali ke Jakarta secepatnya, pengguna jalan untuk bersabar karena jumlah lalu lintas yang datang secara bersamaan menuju Jabotabek akan luar biasa.

Baca Juga: Arus Balik Pemudik Kendaraan Pribadi Belum Capai 50 Persen, Menhub Khawatir Walaupun Adanya One Way

Jasa Marga mengimbau masyarakat untuk selalu memperbaharui informasi pemberlakuan rekayasa lalu lintas melalui One Call Center Jasa Marga di nomor 14080, Twitter @PTJASAMARGA hingga Aplikasi Travoy.

Pengguna jalan tol juga diimbau mempersiapkan kendaraan dan pengemudi dalam kondisi prima sebelum melakukan perjalanan serta pastikan kecukupan perbekalan, BBM hingga saldo uang elektronik untuk perjalanan. Selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan.
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x