Kompas TV internasional kompas dunia

Pakistan Tangkap 8 Warga Ahmadiyah atas Penembakan terhadap Warga Sunni yang Tewaskan Satu Orang

Kompas.tv - 8 Mei 2022, 03:05 WIB
pakistan-tangkap-8-warga-ahmadiyah-atas-penembakan-terhadap-warga-sunni-yang-tewaskan-satu-orang
Unjuk rasa di Pakistan. Polisi Pakistan menangkap 8 laki-laki dari sekte Ahmadiyah pada Sabtu (7/5/2022) yang menembaki sekelompok Muslim Sunni malam sebelumnya hingga menewaskan satu orang. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

LAHORE, KOMPAS.TV — Polisi Pakistan menangkap delapan laki-laki dari sekte Ahmadiyah pada Sabtu (7/5/2022). Malam sebelumnya, kelompok lelaki itu disebut menembaki warga Muslim Sunni, hingga menewaskan satu orang dan melukai yang lain.

Melansir Associated Press, perwira senior kepolisian Pakistan Faisal Mukhtar mengatakan, kelompok Ahmadiyah tersebut menembaki kaum Sunni saat mereka sedang melantunkan puisi-puisi keagamaan di desa Bahuman, dekat Lahore di provinsi timur Punjab. Satu tersangka di bawah umur hingga kini masih belum terlacak.

Pembunuhan itu merupakan kasus kekerasan yang jarang dilakukan oleh sekte Ahmadiyah, yang lama menyimpan keluhan terhadap mayoritas Sunni Pakistan, yang menganggap mereka sesat.

Baca Juga: Penyiksaan dan Pelecehan Anak Melonjak Tajam di Pakistan

Kaum Ahmadiyah Pakistan. Polisi Pakistan menangkap 8 laki-laki dari sekte Ahmadiyah hari Sabtu, (7/5/2022) yang menembaki sekelompok Muslim Sunni malam sebelumnya, menewaskan satu orang (Sumber: New Europe)

Ahmadiyah percaya seorang nabi tambahan bernama Ghulam Ahmad diutus oleh Tuhan pada abad ke-19, berabad-abad setelah Nabi Muhammad SAW.

Pandangan itu bertentangan dengan prinsip dasar Islam bahwa Rasulullah Muhammad SAW adalah utusan pilihan terakhir Tuhan.

Pakistan mengamandemen konstitusinya tahun 1974 untuk secara khusus menyatakan Ahmadiyah bukan bagian dari Islam dan umatnya bukan bagian dari kaum Muslimin, serta tidak boleh disebut atau menyebut diri mereka seperti itu.

Pakistan juga melarang kaum Ahmadiyah berkhotbah.

 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x