Kompas TV internasional kompas dunia

Putri Mantan Presiden John F. Kennedy Dipastikan Jadi Dubes AS untuk Australia

Kompas.tv - 6 Mei 2022, 13:39 WIB
putri-mantan-presiden-john-f-kennedy-dipastikan-jadi-dubes-as-untuk-australia
Senat Amerika Serikat hari Kamis, (5/5/2022) menyetujui pencalonan Caroline Kennedy, putri Presiden John F. Kennedy, menjabat sebagai duta besar AS untuk Australia (Sumber: Evan Agostini/Invision/AP, File)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

WASHINGTON, KOMPAS.TV — Senat Amerika Serikat hari Kamis, (5/5/2022) menyetujui pencalonan Caroline Kennedy, putri Presiden John F. Kennedy, menjabat sebagai duta besar AS untuk Australia, dan Philip Goldberg untuk menjabat sebagai duta besar AS untuk Korea Selatan, seperti dilansir Associated Press, Jumat, (6/5/2022)

Kennedy menjabat sebagai duta besar AS untuk Jepang dari 2013-17 selama kepresidenan Barack Obama. Goldberg adalah diplomat karier dan sebelumnya menjabat sebagai duta besar AS untuk Kolombia.

Senat menyetujui pencalonan pada hari Kamis, (5/5/2022) ketika pemerintahan Presiden Joe Biden berupaya mengisi tim diplomatiknya dengan sekutu kunci di Asia.

Kennedy memiliki pengalaman luas di wilayah tersebut dan memberikan dukungannya kepada Biden relatif lebih awal dalam proses pemilihan pendahuluan Demokrat tahun 2020.

Baca Juga: Sirhan Sirhan, Pembunuh Robert F. Kennedy Dinyatakan Bebas Bersyarat

Dubes Amerika Serikat untuk Australia yang baru, Caroline Kennedy, saat menemani ayahnya, John F. Kennedy bertemu presiden pertama Indonesia Sukarno di Gedung Putih. (Sumber: Historia)

Senator Jon Ossoff dari partai Demokrat asal negara bagian Georgia sebelum senat menjatuhkan putusannya mengatakan, Goldberg sangat penting bagi AS untuk ditempatkan di Seoul, mengutip peluncuran rudal balistik Korea Utara pada hari Rabu.

“Korea Selatan adalah salah satu mitra dagang terpenting kita. Korea Selatan adalah salah satu mitra keamanan terpenting kita," kata Ossoff. "Kita membutuhkan duta besar AS untuk memimpin misi di Korea Selatan."

Senat juga mengukuhkan Mark Nathanson menjadi duta besar untuk Norwegia, MaryKay Loss Carlson menjadi duta besar untuk Filipina, dan John Nkengasong untuk mengoordinasikan upaya AS untuk memerangi HIV-AIDS secara global.



Sumber : Kompas TV/Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.