Kompas TV nasional kesehatan

KSP: Pemerintah Gelar Penyelidikan Epidemiologi untuk Antisipasi Kasus Hepatitis Akut

Kompas.tv - 6 Mei 2022, 12:29 WIB
ksp-pemerintah-gelar-penyelidikan-epidemiologi-untuk-antisipasi-kasus-hepatitis-akut
Ilustrasi anak-anak yang paling rentan terinfeksi hepatitis akut yang tidak diketahui penyebabnya. (Sumber: Tribun Jogja/Memorial Regional Health)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kantor Staf Presiden (KSP) memastikan pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah meningkatkan kewaspadaan dan penyelidikan epidemiologi (surveilans) lintas sektoral dalam menghadapi hepatitis akut yang tidak diketahui penyebabnya (acute hepatitis of unknown aetiolog).

Tenaga Ahli Utama KSP Brian Sriprahastuti menjelaskan, upaya ini dilakukan agar segera dapat dilakukan tindakan apabila ditemukan kasus dengan gejala dan tanda hepatitis akut. Terutama pada anak di bawah usia 11 tahun.

"Investigasi penyebab hepatitis akut dilakukan pada setiap kasus, mungkin melalui pemeriksaan panel virus secara lengkap," ujar Brian dalam keterangan tertulisnya, Jumat (6/5/2022).

Baca Juga: Hepatitis Akut Serang Anak-anak, Apa yang Perlu Diwaspadai?

Doktor Ilmu Kesehatan Masyarakat ini menambahkan, pemerintah juga telah mengeluarkan surat edaran yang ditujukan kepada fasilitas layanan kesehatan, pemerintah daerah, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan pemangku kepentingan lainnya.

Hal itu untuk memberikan dukungan dan kewaspadaan dini terhadap penemuan kasus hepatitis akut.

Fenomena hepatitis akut yang tidak diketahui penyebabnya ini menjadi sorotan dunia setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkannya sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) pada 15 April 2022.

WHO menerima laporan 169 kasus di 12 negara, termasuk Indonesia.

"Di Indonesia dalam dua minggu terakhir, yakni hingga 30 April 2022, dilaporkan tiga pasien anak meninggal saat dirawat di RSUP Cipto Mangunkusumo dengan dugaan hepatitis akut," ujar Brian.

Baca Juga: Kemenkes Selidiki Kasus Hepatitis Akut yang Tewaskan 3 Anak

Gejala hepatitis akut

Brian menjelaskan, hepatitis akut merupakan peradangan pada hati yang terjadi secara mendadak dan cepat memburuk.

Ia menguraikan, gejala umum dari hepatitis yakni, nyeri perut, kuning, diare, muntah-muntah, perubahan warna urine, feses berwarna pucat, demam tinggi atau riwayat demam, serta ditandai dengan peningkatan kadar enzim hati.

Baca Juga: Waspada! Penyakit Hepatitis Akut Menyerang Anak Usia Dini, 3 Anak di Indonesia Meninggal Dunia



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.