Kompas TV regional peristiwa

Gunung Ile Lewotolok Keluarkan Asap Setinggi 600 Meter, Warga Diminta Waspada Erupsi

Rabu, 4 Mei 2022 | 20:02 WIB
gunung-ile-lewotolok-keluarkan-asap-setinggi-600-meter-warga-diminta-waspada-erupsi
Gunung Ile Lewotolok di Pulau Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur terpantau mengeluarkan asap setinggi 600 meter, warga diminta waspada terkait potensi erupsi. (Sumber: Kompastv/Ant)

Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

LEWOLEBA, KOMPAS.TV - Gunung Api Ile Lewotolok, Kabupaten Lembata, NTT mengeluarkan asap setinggi 600 meter, Rabu (4/5/2022). Masyarakat yang berada Lembata diminta waspada terhadap potensi dari erupsi gunung.

Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Ile Lewotolok mengungkapkan gunung api tersebut kembali meletus pada Rabu. Berdasarkan pantauan sekitar 12.00 WITA-06.00 WITA terjadi gempa letusan sebanyak 12 kali.

"Hasil pantauan dari pukul 12.00 Wita-06.00 Wita, terjadi 12 kali gempa letusan, 14 kali gempa hembusan, dan dua kali gempa harmonik," kata petugas PGA Stanislaus Ara Kian dikutip dari Kompas.com, Rabu malam.

Atas kejadian tersebut asap kawah bertekanan lemah berwarna putih dan kelabu dengan intensitas tipis hingga tebal dan tinggi 100-600 meter dilaporkan teramati di atas puncak kawah.

Baca Juga: Bendung Katulampa Siaga 3, Warga Jakarta Diminta Waspada Banjir Malam Ini

Status Gunung Ile Lewotolok berada pada Level III atau siaga. Stanislaus mengimbau masyarakat sekitar atau wisatawan untuk tak melakukan aktivitas dalam radius 3 kilomter dari puncak.

Selain itu masyarakat Desa Jontona juga diminta untuk terus waspada terkait potensi dari ancaman bahaya longsoran material lapuk yang disertai awan panas.

Abu vulkanik terpantau jatuh di beberapa sektor sekeliling Ile Lewotolok. Masyarakat yang bermukim di sekitar aliran sungai diminta waspada terkait ancaman lahar.

Baca Juga: 4 Gunung Api Indonesia Ini Statusnya Siaga

"Mengingat potensi bahaya abu vulkanik yang dapat mengakibatkan gangguan pernapasan maupun gangguan kesehatan lainnya," kata Stanislaus.


Sumber : Kompas.com

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x