Kompas TV nasional peristiwa

Bendung Katulampa Siaga 3, Warga Jakarta Diminta Waspada Banjir Malam Ini

Kompas.tv - 4 Mei 2022, 19:37 WIB
bendung-katulampa-siaga-3-warga-jakarta-diminta-waspada-banjir-malam-ini
Ilustrasi. Pada Rabu (4/5/2022)petang, debit air Sungai Ciliwung di Posko Bendung Katulampa naik menjadi Siaga 3 setelah wilayah Bogor diguyur hujan deras. (Sumber: Istimewa via TribunNewsBogor.com)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Vyara Lestari

BOGOR, KOMPAS.TV — Bendung Katulampa berstatus Siaga 3 pada Rabu (4/5/2022) petang. Warga Jakarta diminta waspada banjir dari hulu Sungai Ciliwung di Bogor, Jawa Barat, pada malam hari ini.

Menurut laporan Kepala Bendung Katulampa Andi Sudirman, per Rabu (4/5) petang, tinggi muka air (TMA) mencapai 130 cm atau berstatus Siaga 3 banjir.

Adapun, debit air terpantau meningkat setelah Bogor mengalami hujan sedang hingga deras di sejumlah wilayah di Bogor dan kawasan Puncak sejak siang hingga sore.

"Warga Jakarta perlu siaga, hujan yang terjadi siang menjelang sore di wilayah Bogor membuat tinggi muka air juga naik," kata Andi Sudirman seperti dikutip Antara, Rabu (4/5).

Baca Juga: Tanggul Jebol, Warga Ciputat Tangsel Batal Mudik karena Rumah Terendam Banjir saat Lebaran

Ia menyebut, kenaikan muka air mulai terjadi pada sore hari ketika hujan sedang hingga deras mulai mengguyur wilayah hulu Sungai Ciliwung yakni di Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor.

Status Siaga 3 di Bendung Katulampa, lanjutnya, mulai tercatat pada pukul 17.30 WIB. Bahkan, pihaknya memprediksi derasnya aliran Sungai Ciliwung akan melintas Jakarta diperkirakan pada malam hari.

Sementara itu, menurut prakiraan cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), hujan sedang di Puncak, Bogor terjadi pada pukul 16.00 WIB dan akan berlanjut menjadi hujan ringan hingga pukul 19.00 WIB.

Selanjutnya, pada pukul 22.00 WIB, cuaca diperkirakan kembali cerah. Kondisi tersebut juga berlaku di seluruh wilayah Kabupaten dan Kota Bogor lain.

Ia  mengimbau warga sekitar bantaran Sungai Ciliwung agar waspada terhadap potensi banjir tersebut.

"Hujan masih terus berlangsung. Warga bantaran Sungai Ciliwung agar tetap waspada," pungkasnya.

Baca Juga: Tanggul 2 Meter Jebol, Puluhan Rumah Warga Tangerang Selatan Terendam Banjir hingga 70 Sentimeter!

 



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.