Kompas TV regional berita daerah

Wisata Saksi Bisu Dahsyatnya Letusan Gunung Merapi

Rabu, 4 Mei 2022 | 16:42 WIB

Penulis : KompasTV Jateng

 

SLEMAN, KOMPAS.TV - Beberapa saksi bisu bencana letusan Gunung Merapi bisa anda temui salah satunya di Museum Sisa Hartaku di Dusun Petung, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Saat memasuki museum anda akan melihat kerangka hewan-hewan ternak yang menjadi korban letusan Gunung Merapi. Aneka bekas peralatan rumah tangga juga terlihat tertata dengan rapi seperti gelas, sendok, tempat nasi hingga abu vulkanik yang dikumpulkan oleh warga, agar para pengunjung bisa mengetahui wujud asli dari abu vulkanik yang dikeluarkan oleh Gunung Merapi saat erupsi.

Ada pula mushaf Al Qur’an yang tersimpan di dalam lemari kaca yang masih utuh keberadaannya. Hanya bagian sampulnya yang rusak namun tidak dengan isi di dalamnya walau diterjang awan panas Gunung Merapi.

Namun ada satu barang yang selalu menarik perhatian dari pengunjung yakni jam dinding bekas yang hangus terbakar dengan jarum jam menunjukkan saat kejadian erupsi Gunung Merapi.

Anda pun bisa berwisata naik mobil Jeep dengan satu sopir yang dapat sekaligus merangkap sebagai tour guide yang menceritakan perihal letusan Gunung Merapi, sekaligus sebagai fotografer.

Lokasi wisata saksi bisu dahsyatnya letusan Gunung Merapi tahun 2006 silam, bunker Kaliadem yang berfungsi sebagai perlindungan bagi warga lereng Merapi saat terjadi erupsi, juga bisa anda kunjungi. Tragedi di tahun 2006 yang menewaskan dua orang relawan pun bisa anda ketahui.

"Ketika tahun 2006 ada 2 orang korban yang meninggal dunia dalam bunker. Dua orang relawan itu mau berlindung dari awan panas, namun yang datang material panas dari Gunung Merapi, sehingga bunker ini tertutup dan kedua orang meninggal di dalam bunker" kata Ranto, sopir mobil Jeep sekaligus tour guide.

Bagaimana anda tertarik untuk berwisata melihat benda-benda yang menjadi saksi bisu keganasan letusan Gunung Merapi dan tentunya menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Anda bisa datang ke Yogyakarta bersama keluarga ataupun teman, jika ingin berwisata dengan pengalaman berbeda yakni bisa turut merasakan keganasan erupsi Gunung Merapi.

#gunungmerapi #bunkerkaliadem #lokasiwisata 


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x