Kompas TV regional berita daerah

Konservasi Sorkofagus Di Museum Buleleng

Kompas.tv - 4 Mei 2022, 10:56 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

BULELENG, KOMPAS TV - Tim dari Balai Pelestarian Cagar Budaya - BPCB Bali melakukan konservasi dan rekonstruksi empat sarkofagus yang ada di Museum Buleleng Bali. Empat sarkofagus yang ada di Museum Buleleng, Bali, terdiri dari tiga sarkofagus ukuran kecil dan satu ukuran sedang. Sarkofagus ini telah ditemukan sekitar tahun 2009 lalu di berbagai desa di Buleleng, Bali. Sejak dipindahkan ke Museum Buleleng, tahun 2009 lalu, baru kali ini dilakukan konservasi dan rekonstruksi. Konservasi dan rekonstruksi sarkofagus ini akan dilakukan selama lima hari hingga tanggal 1 Mei 2022.

Hal yang dilakukan oleh tim dari BPCB Bali antara lain memberserihkan seluruh bagian sarkofagus, dengan teknik mekanis kering dan mekanis basah. Dengan kondisi sarkofagus yang banyak mengalami patahan dan pelapukan ringan, maka akan dilakukan rekonstruksi bentuk, dengan menyatukan seluruh bagian sehingga utuh kembali. Rekonstruksi akan dilakukan secara perlahan sehingga tidak merusak benda cagar budaya. Patahan yang terjadi pada sarkofagus diperkirakan telah terjadi sejak lama, saat baru ditemukan.

Konservasi dan rekonstruksi ini dilakukan untuk mecegah kerukan yang lebih parah pada benda cagar budaya. Selain itu tim BPCB Bali juga meminta agar tempat penyimpanan benda cagar budaya dapat dibenahi, sehingga tidak lembab. Kondisi yang lembab dapat mempengaruhi kondisi benda cagar budaya.

 

 

 

 

#bpcbbali #sarkofagus #museumbuleleng

 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x