Kompas TV regional berita daerah

Ramai-Ramai Kunjungi Candi Prambanan dan Borobudur, Jumlah Wisatawan Naik Hampir 5 Kali Lipat

Kompas.tv - 4 Mei 2022, 09:41 WIB
ramai-ramai-kunjungi-candi-prambanan-dan-borobudur-jumlah-wisatawan-naik-hampir-5-kali-lipat
Candi Prambanan (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Iman Firdaus

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Jumlah kunjungan wisatawan ke candi di Sleman diperkirakan mencapai 10.000 sampai 15.000 per hari selama libur Lebaran. Tidak adanya larangan mudik dalam libur Lebaran kali ini menjadi penyebab peningkatan jumlah kunjungan ke ke Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko.

Menurut Direktur Utama PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, Edy Setijono, peningkatan kunjungan wisatawan ini didukung adanya Surat Keputusan Bersama Tiga Menteri yang menyatakan jadwal cuti bersama Lebaran 2022 dan Hari Raya Idulfitri 1443 H.

Ia mengungkapkan kenaikan jumlah wisatawan di TWC sudah terasa sejak H-4 Lebaran. Kenaikan jumlah pengunjung yang mencapai belasan ribu orang per hari ini terasa signifikan jika dibandingkan dengan kunjungan wisatawan pada yang berkisar 3.000 wisatawan per hari.

Baca Juga: Ini Alasan WNA yang Tertangkap Lompati Pagar Candi Prambanan

Ia sudah memprediksi sehingga membutuhkan persiapan yang matang dan bersinergi dengan berbagai pemangku kepentingan.

“Kami sudah memastikan layanan prima berupa peningkatan sejumlah sarana di lapangan demi kenyamanan wisatawan,” ujarnya, Rabu (4/5/2022).

Jam operasional Candi Borobudur dan Prambanan juga diperpanjang selama libur Lebaran 2022, yakni mulai pukul 07.00 sampai 17.00 WIB, sementara jam operasional TWC Ratu Boko mulai pukul 08.00 sampai 18.00 WIB.

Baca Juga: Jumlah Penonton Sendratari Ramayana Prambanan Mulai Naik saat Libur Akhir Tahun 2021

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.