Kompas TV nasional peristiwa

Meski Menilai Mudik Lancar, Akun Jokowi Berkicau Penambahan Dermaga Pelabuhan Merak Bakauheni

Kompas.tv - 3 Mei 2022, 14:37 WIB
meski-menilai-mudik-lancar-akun-jokowi-berkicau-penambahan-dermaga-pelabuhan-merak-bakauheni
Ilustrasi: Kepadatan arus mudik di Pelabuhan Merak, Banten. (Sumber: KOMPAS.COM/RASYID RIDHO)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS. TV – Presiden Joko Widodo menilai perlu ada penambahan dermaga di Pelabuhan Merak Banten dan Bakauheni Lampung. Hal ini karena kapal yang menyeberang dari dan ke dua Pelabuhan terlalu banyak dibanding kapasitas tempat penambatnya.

“Volume kendaraan memang tidak sebanding dengan kapasitas dermaga. Dermaganya perlu ditambah,” cuitan dalam akun Joko Widodo, Selasa (3/5/2022).

Akun pribadi Presiden Joko Widodo itu berkicau mengenai tetap adanya antrean kapal setelah adanya penambahan kapal yang lalu-lalang di antara dua pelabuhan. 

Meski demikian kicauan di akun pribadi menilai perayaan Idul Fitri 1443 hijriah telah berjalan baik. Demikian juga arus mudik, dinilain lancar.

Baca Juga: Tol Cipali Kembali Dipadati Pemudik Pada Hari Ke-2 Lebaran

“Alhamdulillah, perayaan Idulfitri tahun ini berjalan dengan baik. Arus mudik juga lancar.”

Jokowi berkicau arus mudik Lebaran tahun ini diikuti setidaknya 85,5 juta orang. Selain itu mudik juga diikuti  23 juta mobil, dan 17 juta sepeda motor.

Karena banyaknya jumlah pemudik tersebut, Presiden mengimbau masyarakat untuk kembali dari kampung halaman lebih awal. Hal ini untuk menghindari kemacetan dan penumpukan kendaraan.

Ada himbauan bagi pemudik yang disampaikan via akun itu. “Saya mengimbau masyarakat yang mudik agar perjalanan kembali dari kampung halaman dilakukan lebih awal untuk menghindari kemacetan di jalan tol, jalan nasional, serta Pelabuhan,” 

Baca Juga: Tidak Jadi Ganjil Genap, Jalur Kendaraan Jadi Satu Arah untuk Urai Kemacetan di Kawasan Puncak

Sebelumnya  Antrean kendaraan memang terpantau pada H-3 Lebaran pada  Jumat (29/4/2022), Pemudik yang hendak masuk Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, mengantre panjangbahkan  mencapai 20 kilometer

Pantauan tim jurnalis Kompas TV di lapangan, titik awal kemacetan tersebut berada di KM 90 Tol Tangerang-Merak, terus berlanjut hingga Jalur Cikuasa Atas dan pintu Pelabuhan Merak.

Selain itu, kepadatan kendaraan juga terlihat di kantong parkir dari tujuh dermaga di Pelabuhan Merak dan toll gate, dengan pemudik sepeda motor yang mendominasi antrean pemeriksaan tiket.

Baca Juga: Prediksi Puncak Arus Mudik Sudah Lewat, Pelabuhan Merak Masih Terpantau Ramai!

Namun kemacetan dan penumpukan kendaraan pun bisa terurai setelah otoritas menambah dua Pelabuhan untuk menyeberang yakni pelabuahan Indah Kiat dan Ciwandan Banten.

Di kedua tempat itu dioperasikan 9 kapal untuk melayani penyeberangan ke Bakauheni.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x