Kompas TV cerita ramadan panduan

Panduan 5 Wisata Religi di Jakarta, Beserta Estimasi Waktu Jika Ditempuh dalam Sehari

Kompas.tv - 3 Mei 2022, 12:29 WIB
panduan-5-wisata-religi-di-jakarta-beserta-estimasi-waktu-jika-ditempuh-dalam-sehari
Makam Mbah Priok di Jakarta Utara, salah satu tempat ziarah ulama yang paling sering dikunjungi peziarah. Kompas.tv bikin panduan terkait wisata religi di jakarta (Sumber: Dhoni Setiawan/Kompas)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV – Lima tempat wisata religi ini bisa dikunjungi saat liburan idulfitri 2022. Apalagi, Jakarta pada hari raya idulfitri ini tergolong relatif sepi dibanding hari-hari biasanya.

Wisata religi ini berupa makam-makam ulama yang berpengaruh di tanah Betawi dan ramai dikunjungi umat muslim untuk berziarah.

Jika anda tinggal di area Jakarta Selatan atau Jaksel, Anda bisa memulai perjalanan mulai pagi hari, lantas bergerak ke Jakarta Pusat dan diakhir di Jakarta Utara.

Jika menghitung kunjungan tiap ziarah memakan waktu 1-2 jam, maka dibutuhkan waktu 10 jam selama ziarah dalam sehari.

Ditambah, kemacetan di Jakarta relative berkurang, maka disarankan untuk memulai pada pagi hari dan diakhiri dengan malam di Jakarta Utara, di sebuah masjid dan makam ulama bernama bernama Habib Husein bin Abubakar bin Abdillah Alaydrus atau dikenal dengan nama Habib Luar Batang.

Berikut ini kompas.tv rangkum perjalanan wisata religi yang bisa ditempuh dalam sehari perjalanan, disertai peta perjalanan dan estimasi waktu. 

Baca Juga: Sosok Habib Ali Kwitang, Ulama Berpengaruh di Tanah Betawi

Pemberhentian Pertama

Makam Habib Kuncung di Kalibata, Jakarta Selatan

Masjid At Taubah Pancoran, berdiri dengan begitu kokoh di dekat pusat keramaian kawasan Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan. Meski begitu, suasana terasa begitu asri dengan banyaknya pohon berdiri di sekitar masjid.

Masjid At Taubah yang terletak di Jalan Rawajati Timur II No.70 RT.03/RW.08 Kelurahan Rawajati Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan ini memang kerap dikunjungi peziarah. Ini lantaran di kompleks masjid itu terdapat makam seorang ulama terkenal, Habib Ahmad bin Alwi Al Hadad atau Habib Kuncung.

Pemberhentian Kedua

Makam Al Hawi, Condet, Jakarta Timur

Makam ini terletak di kawasan Condet, Jakarta Timur, yang berada dalam sebuah kompleks makam para ulama dan habib terkenal.

Sejumlah habib karismatik yang dimakamkan di sana, antara lain Habib Zain bin Abdullah Alaydrus, Habib Salim bin Jindan, Habib Ali bin Husein Alatas, dan Habib Umar bin Hud Alatas.

Jarak dari makam Habib Kuncung di Kalibata menuju Makam Al-Hawi 2.2 KM saja, atau menempuh perjalanan 10 menit menaiki kendaraan pribadi.  

Pemberhentian Ketiga

Makam Habib Ali di Kwitang, Jakarta Pusat

Jarak dari Makam Al-Hawi di Condet dengan Habib Ali Kwitang  adalah 11 KM dan bisa ditemuh dengan 24 Menit perjalanan dengan kendaraan pribadi. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.