Kompas TV nasional hukum

KSAD Jenderal Dudung Buktikan Janjinya Temukan Anggota KKB Pembunuh Babinsa dan Istrinya di Papua

Kompas.tv - 3 Mei 2022, 08:41 WIB
ksad-jenderal-dudung-buktikan-janjinya-temukan-anggota-kkb-pembunuh-babinsa-dan-istrinya-di-papua
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Dudung Abdurachman di sela kunjungan kerjanya di Kodam XIV Hasanuddin, Makassar, Kamis (25/11/2021). (Sumber: Antara/Suriani Mappong)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tim gabungan TNI-Polri berhasil menemukan pembunuh Bintara Pembina Desa atau Babinsa dari Koramil 1702/Kurulu di Papua, yakni almarhum Sersan Satu Eka Andrianto Hasugian dan istrinya, pada 31 Maret 2022 lalu.

Pelaku pembunuhan terhadap pasangan suami istri tersebut merupakan anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) bernama Wabin Tabuni.

Baca Juga: [TOP3NEWS] Hasil Sidang Isbat, BMKG Pantau Hilal, KKB Papua Tembak 2 Personel TNI/Polri

Pelaku diketahui tewas dalam kontak tembak dengan personel gabungan TNI dan Polri.

Kepala Dinas Penerangan TNI AD Brigjen mengatakan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengapresiasi tim gabungan TNI-Polri yang telah menemukan pelaku Wabun Tabuni.

"Pelaku pembunuhan sadis itu anggota KST (Kelompok Separatis Teroris),” kata  Tatang Subarna, dalam keterangan pers yang dikutip dari Kompas.id pada Selasa (3/5/2022).

Tatang mengatakan, Wabin diketahui telah melakukan beberapa serangkaian kejahatan selama menjadi anggota KKB.

Baca Juga: KSAD Jenderal Dudung Naikkan Pangkat 24 Perwira Tinggi TNI AD, Berikut Nama-namanya

Selain membunuh Sertu Eka dan istrinya, Wabun disebut turut memotong jari anak Sertu Eka yang masih balita di Jalan Trans Elelim, Kampung Elelim, Kabupaten Yalimo.

”Apresiasi dari Bapak KSAD atas gerak cepat dan kerja keras oleh tim gabungan yang berhasil menangkap pelaku pembunuhan tersebut,” kata Tatang.

Sementara itu, Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Letkol (Kav) Herman Taryaman mengatakan, tim gabungan mengejar pelaku ke Kampung Dugume, Distrik Dugume, Kabupaten Lanny Jaya, pada Sabtu (30/4/2022).

Ketika akan ditangkap sekitar pukul 07.40 WIT, Wabin Tabuni melarikan diri ke arah jurang. Aparat melepaskan tembakan peringatan.

Baca Juga: Dua Anggota TNI/Polri Ditembak KKB Papua Saat Amankan Ibadah Gereja

Namun, petugas mendapat tembakan balasan dari teman-teman pelaku. Dalam tembak-menembak ini, Wabin tewas. Jenazahnya lalu dibawa ke RSUD Wamena.

Sebelumnya diberitakan, Jenderal TNI Dudung memerintahkan Pangdam XVII/Cenderawasih untuk mengejar pembunuh Bintara Pembina Desa dari Koramil 1702/Kurulu di Papua, Sersan Satu Eka Andrianto Hasugian dan istrinya yang merupakan seorang bidan.

Keduanya dibunuh oleh anggota KKB di rumah mereka di Jalan Trans Elelim, Kampung Elelim, Kabupaten Yalimo, pada 31 Maret 2022.

Anak Eka juga dianiaya hingga jarinya terluka parah, tapi masih bisa diselamatkan.

Baca Juga: KKB Serang Prajurit TNI di Distrik Ilaga, 2 Orang Anggota Terluka

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x