Kompas TV nasional aiman

Saat Buaya Masuk Jakarta - AIMAN (3)

Kompas.tv - 4 Juli 2018, 19:20 WIB
Penulis : Edika ipelona

Secara eksklusif, jurnalis KompasTV, Aiman Witjaksono berkesempatan ikut turun mencari keberadaan buaya di Kali Grogol, Jakarta Barat. Petugas menghimbau tim AIMAN untuk tidak panik saat buaya ditemukan, agar buaya tak merasa terancam dan berbalik menyerang manusia.

Pada hari yang sama, petugas mengungkap sempat melihat dua buaya sebelumnya, yakni berukuran sekitar lebih dari satu meter dan yang lainnya berukuran dua meter. Tiga ekor ayam yang sengaja disiapkan untuk memancing buaya tetap tak dimakan. Petugas menduga buaya stress akibat kondisi masyarakat dan lingkungan yang terlalu ramai. Petugas telah memasang jaring sepanjang 200 meter agar buaya tak berkeliaran lebih jauh. Meski sudah beberapa hari belum ditemukan, petugas yakin buaya-buaya tersebut masih berada di sekitar kali di bawah Jembatan Grogol.

Petugas Kementerian LHK menegaskan upaya ini bersifat penyelamatan, bukan penangkapan buaya, sebab buaya adalah satwa yang dilindungi. Buaya dapat bertahan di sungai keruh selama empat hari dan hanya perlu muncul 30 menit sekali ke permukaan untuk menukar oksigen atau berjemur di bawah matahari. Petugas juga menunjukkan posisi buaya terakhir yang terlihat berada tepat di bawah jembatan, dengan ukuran sekitar 1,2 meter. Petugas menegaskan, buaya di Kali Grogol ini berbeda dengan yang terlihat di Dermaga Pondok Dayung Jakarta Utara.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x