Kompas TV video top 3 news

[TOP3NEWS] Hasil Sidang Isbat, BMKG Pantau Hilal, KKB Papua Tembak 2 Personel TNI/Polri

Kompas.tv - 1 Mei 2022, 22:30 WIB
Penulis : Ikbal Maulana

JAKARTA, KOMPAS.TV – Berikut tiga berita terpopuler yang terjadi pada hari Minggu, 1 Mei 2022:

Pertama, pemerintah menetapkan 1 syawal 1443 H atau 2022 M jatuh pada hari Senin, 2 Mei 2022. Penetapan ini didasarkan pada keputusan Sidang Isbat yang dipimpin Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Minggu (1/5/2022) malam. Hal ini karena posisi hilal di Indonesia saat ini telah memenuhi kriteria baru Mabims (Menteri Agama Malaysia, Brunei Darussalam, Indonesia, dan Singapura).

Baca Juga: Tentukan Hari 1 Syawal 1443 Hijriah, Kemenag Gelar Sidang Isbat Sore Ini

Kedua, BMKG bersama dengan Kementerian Agama melakukan pemantauan hilal di 99 titik di Indonesia. Berdasarkan hasil pengamatan BMKG rata-rata tinggi hilal berada di atas 3 derajat. Kondisi cuaca pada hari Minggu 1 Mei 2022 terbilang cukup cerah, sehingga tim dapat melakukan pengamatan hilal dengan baik.

Baca Juga: BMKG: Rata-rata Ketinggian Hilal di Berbagai Daerah Mayoritas di Atas 3 Derajat

Ketiga, kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua kembali melakukan teror kejahatan dengan menyerang personil gabungan TNI-Polri yang melakukan pengamanan di Gereja. Akibat serangan itu dua personil TNI-Polri terluka. Kapolres pegunungan bintang AKBP Cahyo Sukarnito, mengungkapkan penyerangan dilakukan saat ibadah sementara berlangsung dan dilakukan dari dua arah. Aparat yang bertugas pun membalas tembakan dan terjadi kontak tembak sekitar 30 menit.

Video Editor: Galih



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x